Ads 468x60px

Kamis, 13 Agustus 2020

Tips Mendapatkan Score TOEFL yang tinggi


PENERJEMAHJOGJA.COM

CALL/WA: 0818200450

Tips Mendapatkan Scor TOEFL yang tinggi – Ada banyak cara untuk mahir dan belajar Bahasa Inggris, namun mahir saja tanpa ada pernyataan secara resmi bahwa Anda benar-benar mampu menguasai bahasa tersebut merupakan masalah yang besar. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan tes resmi untuk mendapatkan sertifikat resmi telah mahir berbahasa Inggris.

Standar yang digunakan untuk mengetes kemampuan berbahasa Inggris sebenarnya hampir sama di semua bidang, terutama di bidang pendidikan dan melamar pekerjaan, yakni tes TOEFL dan IELTS. Akan tetapi, TOEFL lebih umum digunakan karena mampu menjangkau banyak kalangan, dengan harga tes yang lebih terjangkau tetapi scor TOEFL yang tinggi.

scor toefl yang tinggi
Inilah yang kemudian membuat banyak orang berlomba untuk mahir berbahasa Inggris, kemudian melakukan tes TOEFL untuk mendapatkan sertfikikatnya. Dengan nilai dan skor yang tinggi, Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan ataupun melangkah menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tentang TOEFL

Sebelum mengetahui tips untuk mendapatkan scor toefl yang tinggi, baiknya Anda mengetahui apa itu TOEFL terlebih dahulu. Bagi Anda yang kurang memahami makna TOEFL, kepanjangan TOEFL sendiri adalah test of english as a foreign language, yang apabila diterjemahkan akan menjadi tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Tes TOEFL sendiri merupakan tes profiency, yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Terdapat beberapa aspek dalam ujian TOEFL yang prlu diketahui, diantaranya adalah listening comprehension, reading, structure and writen expression, dan terakhir adalah TWE atau test of written english.

Umumnya terdapat tiga macam jenis TOEFL yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

a.       International TOEFL test, yang setiap tahunnya selalu menggunakan soal yang baru sebagai bentuk scor toefl yang tinggi fleksibilitas perkembagan bahasa. Untuk jenis tes ini, masa berlakunnya sekitar dua tahun, dan dapat diterima hampir di seluruh univesitas ataupun instansi non pendidikan lain di seluruh dunia.

b.      Institutional TOEFLS test, memiliki soal yang kurang lebih hampir sama setiap tahunnya, sebab soal biasanya diambil dari tahun sebelumnya. Sehingga mendapatkan scor toefl yang tertinggi untuk tes ini cukup mudah. Masa berlakunya hanya enam bulan, dan tidak bisa digunakan untuk digunakan di luar negeri.

c.       TOEFL test-like, merupakan jenis tes scor toefl yang tinggi yang soalnya hampir serupa dengan tes institutional TOEFLS karena menggunakan soal yang bersumber dari tahun-tahun sebelumnya. Masa berlakuknya cukup pendek, dan hanya bisa diguankan untuk memenuhi syarat universitas tertentu di Indonesia.

Selain ketiga pembagian jenis tes yang dilakukan, TOEFL juga dapat dibagi menjadi tiga jenis pelaksaan tes. Pembagian ini di dasarkan pada pertimbangan english testing service, sehingga umum dijumpai dimana saja, ketiganya adalah PBT TOEFL, CBT TOEFL, dan terakhir adalah IBT TOEFL.

PBT TOEFL yang merupakan kependekan dari paper based test TOEFL merupakan jenis Scor toefl yang tinggi pertama yang dikeluarkan oleh pihak english testing service. Anda yang hendak melakukan PBT TOEFL membutuhkan kertas sebagai media ketika hendak mengerjakan soal yang diberikan, dan harus diisikan menggunakan pensil 2B yang sudah terstandarisasi dan dapat dibaca mesin scanning.

Dari tes PBT TOEFL adalah 677 poin, sedangkan yang paling rendah adalah 217 poin. Terdapat tiga jenis materi yang akan diujikan, yakni listening, reading, dan structure. Ketiganya bisa dikerjakan denga rentang waktu antara 2 sampai 2,5 jam.

Jenis scor toefl yang tinggi media tes TOEFL yang kedua adalah CBT atau computer based test TOEFL. Anda tidak memerlukan kertas untuk mengerjakan tes ini, sebab semua soal hanya memakai satu perangkat komputer dan dikerjakn menggunakan perangkat lunak.

Tes dengan model komputer ini sudah mulai umum digunakan sekarang, dan dulunya diperkenalkan pertama kali pada tahun 1998. Di beberapa negara Asia, salah satunya adalah Indonesia, penggunan PBT masih diperkenankan untuk tes mahir bahasa Inggris ini, jadi pemakaian CBT masih jarang untuk ditemui di berbagai instansi.

Terdapat beberapa materi yang diujikan dalam tes ini, diantaranya adalah listening structure, writing, dan terakhir adalah reading. Skala penilaian dan pengambilan poinnya cukup akurat, dengan scor toefl yang tinggi adalah 300 poin dan yang paling rendah adalah 0 poin. Waktu yang dibatasi untuk menyelesaikan soalnya sekitar 2 jam sampai 2,5 jam.

Terakhir adalah IBT atau internet based test TOEFL yang dikenal karena merupakan next generation dari semua tes TOEFL. Tes ini mulai diperkenalkan kepada publik sekitar tahun 2005 dan mulai digunakan di seluruh dunia pada tahun 2006. Tes ini juga sudah diakui oleh dunia, sehingga dapat digunakan untuk semua bidang yang membutuhkan

Tes ini menggunakan media komputer, namun system test yang digunakan menggunakan jaringan internet, sehingga peserta perlu melakukan login untuk menjawab soal tes yang disediakan oleh pihak english test service. Dengan scor toefl yang tinggi untuk tes ini adalah 120, sedangkan yang paling rendah adalah 0 poin.

Berbeda dengan jenis tes sebelumnya, tes IBT TOEFL ini menggunakan empat materi yang akan diujikan, diantaanya adalah speaking, reading, writing, dan juga listening. Lama pengerjaan waktu yang disediakan oleh pihak server adalah empat jam.

Fungsi dari Test TOEFL

Nilai yang tinggi pada tes TOEFL akan membantu Anda untuk mendapatkan tujuan dengan lebih mudah. Fungsi scor toefl yang tinggi dari tes ini juga beragam, dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta mengambil tes tersebut, diantaranya adalah:

a.       Salah satu syarat utama untuk mengikuti program di luar negeri, khususnya dari instansi pendidikan, baik merupakan short course maupun long course. Terdapat standar minimal nilai yang harus diraih apabila hendak mengikuti program tersebut.

b.      Anda yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama ataupun penunjang, memerlukan sertifikat TOEFL dengan scor toefl yang tinggi yang telah ditentukan.

c.       Syarat Scor toefl yang tinggi utama maupun penunjang untuk melamar pekerjaan, khususnya untuk pekerjaan di luar negeri. Namun beberapa instansi baik swasta maupun negeri di Indonesia juga menerapkan syarat yang sama.

d.      Akan membantu Anda untuk melengkapi pendaftaran dan melamar beasiswa di luar negeri, khususnya di negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Beberapa instansi pendidikan di Indonesia juga sudah menerapkan syarat yang sama belakangan ini.

e.      Syarat scor toefl yang tinggi yang harus Anda penuhi apabila hendak mendaftar ke program ataupun organisasi internasional, begitu pula dengan instituisi yang terletak di luar negeri. Hal ini karena sertifikat tersebut dapat membuktikan bahwa Anda memang siap dan mampu melakukan komunikasi dua arah ketika bekerja.

f.        Mengukur kemampuan yang dimiliki, terutama kemampuan dalam memahami bahasa Inggris, baik dalam bentuk teks maupun audio.

Tips Mudah Mendapatkan Skor Toefl yang Tinggi

Terdapat beberapa cara scor toefl yang tinggi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, sesuai dengan harapan. Misalnya dengan membuat durasi belajar yang konsisten namun tidak memberatkan, Anda bisa belajar sekitar 2-3 jam per harinya untuk satu jenis sesi. Contohnya memilih belajar reading 2 jam per hari, kemudian diikuti dengan listening di hari yang sama.

Membuat durasi belajar yang baik akan membuat Anda mendapatkan dengan lebih mudah. jangan terfokus hanya memperlajari satu jenis materi saja, usahakan menguasai semua materi yang hendak diujikan agar nilai yang didapatkan juga maksimal.

Buat rencana scor toefl yang tinggi yang baik, jangan belajar di hari dimana Anda hendak melakukan tes TOEFL, karena dapat memforsir tenaga dan kesehatan. Buat rencana yang baik, dan berikan rentang waktu belajar yang cukup, sehingga Anda tidak kesulitan dalam memahami materi yang akan diujikan.

Beberapa cara lain yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut, diantaranya:

a.       Mengikuti Kursus Belajar Bahasa Inggris

Ini merupakan cara yang paling banyak di pilih oleh untuk mempelajari bahasa Inggris dengan rentang waktu yang lebih singkat, namun dengan hasil pemahaman yang lebih maksimal. Umumnya mengikuti prgram belajar dengan kursus dapat membantu Anda karena jadwa yang digunakan untuk belajar mudah untuk dilakukan.

Belajar untuk mendapatkan scor toefl yang tinggi biasanya dilakukan di tempat khusus, terutama tempat yang kondusif untuk mempelajari bahasa Inggris dengan lebih mudah. namun dengan perkembangan teknologi, kini Anda dapat melakukan kursus hanya dengan bantuan internet dan aplikasi. Membuat proses belajar menjadi lebih fleksibel dan nyaman untuk dilakukan.

b.      Membaca Bacaan Bahasa Inggris

Tanpa membaca, Anda kan akan kesulitan dalam memahami teks yang sulit, terutama untuk mereka yang hanya mengandalkan buku panduan. Cobalah setiap hari menambah kemampuan bahasa Inggris dengan mengingat kosa kata baru, sehingga makin mudah Anda memahami suatu bacaan.

Akan lebih baik Anda melakukan pembedahan scor toefl yang tinggi pada struktur dan konteks di dalam teks, sehingga setiap maksud dan kalimat di dalam bacaan bisa dipahami dengan lebih mudah. Jangan lupa mencatat tiap materi yang sudah Anda dapatkan, sehingga lebih mudah dalam melakukan review jika memang diperlukan.

Latih terus kecepatan membaca dan kemampuan memahami teks agar bisa di dapatkan. Jika mendapatkan pertanyaan yang sekiranya sulit dan tidak bisa dijawab, lebih baik lewati dan tunggu sampai Anda menyelesaikan semua pertanyaan sebelum kembali lagi ke soal tersebut.

c.       Menyimak Listenig

Terdapat banyak akses scor toefl yang tinggi di dalam bahasa Inggris, dan akan sulit menebak aksen apa yang digunakan untuk dipakai ketika pelatihan soal berlangsung. Biasanya jenis aksen yang digunakan adalah american english, australian english, dan kadang kala menggunakan british english. Agar lebih familiar ketika megerjakan soal, baiknya Anda lebih sering mendengarkan ketiga jenis aksen tersebut.

Ketika mendengarkan wacana yang dibacakan ketika melakukan listening, buat catatan kecil. Ini akan memudahkan Anda ketika hendak menjawab soal, dan tidak mudah lupa pada apa yang sudah di dengar pada sesi sebelumnya. simak dengan baik semua perkataan selama listening, dan dengarkan soalnya lebih teliti.

Untuk memudahkan Anda melakukan listening, Anda dapat mendengarkan lagu-lagu Inggris setiap harinya. Banyak pula channel yang ada di Youtube yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk memperlancar bahasa Inggris, terutama bagian scor toefl yang tinggi listening.

d.      Berbicara Bahasa Inggris

Jika Anda ingin mendapatkan dari tes TOEFL, ada baiknya melatih pronouncation yang Anda miliki. Karena pelafalan dalam bahasa Inggris cukup sulit dilakukan, apalagi untuk Anda yang tidak terbiasa. Apabila mengikuti kursus, akan lebih baik jika Anda memilih yang menggunakan penutur asli bahasa Inggris.

Ini akan melatih kepekaan telingamu untuk menangkap setiap kalimat scor toefl yang tinggi yang mereka miliki, sekaligus melatih Anda mendengar pelafalan bahasa Inggris dari pembicara dan aksen aslinya. Jangan takut untuk berbicara ketika sedang belajar bahasa Inggris, karena makin sering Anda berbicara, maka akan makin mahir pula Anda.

Untuk melihat perkembangan yang telah Anda capai, coba rekam setiap pelafalan yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda mengetahui mana yang salah dan benar ketika di dengarkan ulang. Jika melakukan kesalahan, koreksi pelafalan dengan mendengar bagaimana kalimat tersebut diucapkan, kemudian mengulangnya kembali.

e.      Menulis Bahasa Inggris

Scor toefl yang tinggi, apalagi untuk tes yang bersifat internasional, mengharuskan pesertanya untuk menuliskan beberapa kalimat yang sesuai dengan soal yang dibacakan. Kemampuan menulis ini akan terlihat ketika menjawab pertanyaan yang terkait dengan tense atau membuat karangan pendek.

Latihlah kecepata Anda menulis, karena makin cepat Anda menulis, makin banyak pula waktu yang tersisa untuk melakukan koreksi ulang. Berlatihlah tentang ejaan dan penggunaan tata bahasa Inggris, karena hal ini akan memudahkan Anda nantinya.

Agar lebih mudah dipahami, ketika menulis karangan pendek atau esai, sebaiknya gunakan poin-poin penjelasan, agar karangan lebih mudah dipahami. Gunakan pilihan kata scor toefl yang tinggi yang baik dan sesuai dengan kaidah kebahasaan, dengan begitu karangan dan esai Anda akan lebih mudah untuk dipahami.

f.        Menggunakan Handbook

Anda tentu tidak asing dengan Handbook, atau lebih sering disebut sebagai buku panduan. Ternyata untuk mengahadapi tes TOEFL dan mendapatkan terdapat buku panduan yang bisa Anda dapatkan. Umumnya buk tersebut dijual dengan harga tertentu, dilengkapi dengan software atau aplikasi khusus untuk melakukan tes secara mandiri.

Setelah mendapatkan buku tersebut, jangan ragu dan malas untuk mempelajarinya setiap hari. Coba cari tahu titik scor toefl yang tinggi lemah yang menjadi penghambat Anda mendapatkan skor yang baik, apakah di bagian listening ataupun reading. Bedah struktur bahasa jika sedang melakukan latihan pengerjaan soal, sehingga pemahaman menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Dengan mengetahui titik lemah yang menjadi penghambat Anda untuk mendapatkan nilai yang bagus, maka kemungkinan Anda mendapatkan nilai yang tinggi ketika tes berlangsung cukup besar. Anda dapat mengerjakan buku ini dengan belajar bersama teman, sehingga transfer pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih baik.

g.      Mengikuti Pre-Test

Banyak instansi yang melakukan ujian pre-test secara terbuka untuk dimanfaatkan siapapun yang hendak melakukan tes TOEFL. Dengan mengikuti pre-test ini, peluang Anda untuk mendapatkan scor toefl yang tinggi cukup tinggi. Ini juga menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang masih ragu apakah memang perlu mengambil tes TOEFL.

Dengan mengikuti pre-test ini diharapkan Anda dapat melakukan evaluasi denga lebih jelas bagian mana yang harus Anda maksimalkan agar mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan. Latihan menjawab soal ini juga dapat membantu Anda untuk mengetahui tipe dan jenis soal di dalam soal TOEFL nantinya.

Setelah mengetahui dengan baik kekurangan dan kelemahan scor toefl yang tinggi yang Anda miliki, jangan ragu untuk mengulang semua materi yang bisa membantu Anda memahami bagian tersebut. namun, jangan terlalu terfokus dan melupakan bagian yang lain. Tetap belajar dengan seimbang dan tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Lulus Tes TOEFL dengan Lebih Mudah

Mempelajari banyak hal dasar akan membantu Anda untuk mendapatkan untuk Tes TOEFL yang Anda lakukan. Banyak hal dasar yang kemungkinan akan keluar ketika tes TOEFL berlangsung, diantaranya adalah grammar dan penggunaan tata bahasa, vocabularies, clause, dan masih banyak lagi.

Karena masing-masing tes TOEFL memiliki ciri dan bentuk soal scor toefl yang tinggi yang berbeda, kenali jenis tes TOEFL yang hendak Anda pilih. Perhatikan denga seksama kemungkinan penilaian yang hendak dilakukan, jumlah soal yang akan keluar, serta skor minimal yang harus didapatkan agar lolos dan mendapatkan sertifikat. Persiapan tersebut memang sederhana, namun dapat membantu Anda untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

Ingat untuk selalu mengulang apa tujuan Anda mengikuti tes TOEFL ini, dengan begitu semangat Anda untuk belajar juga tidak akan cepat turun. Apakah Anda mengambil tes karena ingin melamar pekerjaan yang bergengsi, atau karena ingin melanjutkan ke jenjang pendiikan yang lebih tinggi? Mereka yang hanya iseng mengikuti tes, besar kemungkinan nilai yang di dapatkan juga tidak akan maksimal.

Tips lain untuk mendapatkan scor toefl yang tinggi dan lolos mendapatkan sertifiktnya adalah melatih diri untuk selalu rajin mengrjakan soal-soal TOEFL. Jika hendak melakukan tes non-internasional, Anda dapat menggunakan acuan soal tahun sebelumnya untuk belajar, sehingga proses pengerjaan soal menjadi lebih mudah.

Beberapa tips lain yang bisa Anda coba untuk mendapatkan nilai yang baik pada Tes TOEFL adalah sebagai berikut:

a.       Bertanya pada Orang Lain

Jika Anda memiliki teman yang sebelumnya pernah melakukan tes TOEFL, jangan ragu untuk memintanya berbagai pengalaman. Karena bisa jadi, pengalaman tersebut akan membantu Anda untuk mempermudah mengerjakan soal-soalnya. Pengalaman tersebut bisa berupa meminta pengertian mengenai jenis soal yang sekiranya akan keluar, ataupun meminta tips dan trik agar mengerjakan soal menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Namun, jika Anda tidak memiliki teman atau kenalan yang sudah melakukan tes TOEFL, jangan terlalu khawatir. Di internet sudah banyak mereka yang membagikan pengalaman melakukan tes TOEFL dan mendapatkan scor toefl yang tinggi. Anda bisa membacanya dan mempertimbangkan saran yang mereka berikan.

b.      Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Cara lain agar semakin fasih dalam berbahasa Inggris adalah membiasakan diri untuk mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa tersebut. salah satu kegiatan rutin yang bisa Anda lakukan adalah lebih sering mendengarkan lagu bahasa Inggris.

Ini akan membuat alam bawah sadar Anda secara langsung memahami scor toefl yang tinggi bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, membuatnya lebih nyaman dan mudah untuk dipahami. Mendengarkan lagu bahasa Inggris juga akan membantu Anda berlatih melakukan listening.
Perhatikan juga artikel lain disini

Begitu pula dengan membaca buku atau bacaan bahasa Inggris, otak secara otomatis akan memahami setiap perkataan yang dibaca tanpa perlu menerjemahkan dalam rentag waktu yang lama.

Persiapan teknis sebelum ujian memang tidak berpengaruh banyak pada scor toefl yang tinggi. Namun dengan persiapan teknis yang baik, Anda dapat mengerjakan soal dengan lebih mantap dan tenang, tanpa khawatir dengan berbagai kemungkinan eksternal yang akan terjadi, yang akan mengganggu Anda selama proses pengerjaan soal berlangsung.

Demikianlah ulasan singkat mengenai TOEFL dan cara mendapatkan scor toefl yang tinggi, yang dapat Anda lakukan. Semoga dengan informasi berikut, Anda dapat menemukan tambahan pengetahuan yang mempermudah Anda untuk melakukan tes TOEFL di masa yang akan datang.

0 comments:

Posting Komentar