Ads 468x60px

Kamis, 13 Agustus 2020

Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris


PENERJEMAHJOGJA.COM

CALL/WA: 0818200450

Cara menyenangkan belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, karena itu penting untuk dikuasai. Apalagi semenjak informasi cepat berjalan di era globalisasi, rata-rata informasi yang hadir juga berbahasa Inggris supaya mudah untuk dimengerti orang banyak.

Oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari bahasa satu ini. Namun sayangnya tidak semua orang dapat cepat belajar bahasa lain. Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan metode yang membuat menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sendiri memang digunakan sebagai bahasa komunikasi jika berbicara dengan orang asing yang menggunakan bahasa berbeda. Dengan begitu bahasa Inggris mampu mempertemukan dua buah kebudayaan yang berbeda, dan menyebabkan arus globalisasi semakin meningkat.

belajar bahasa Inggris
Adanya bahasa yang diakui sebagai bahasa bersama seperti bahasa Inggris ini menjadikan gampangnya kita berinteraksi di seluruh dunia. Persatuan, perdamaian, serta kerja sama antar negara dapat dioptimalkan dengan dimulai dari sebuah bahasa, karena berhasil melakukan komunikasi dengan tidak disalahpahami. Untuk itu belajar bahasa Inggris menjadi hal yang krusial di tengah-tengah peradaban ini.

Bukan hanya berdampak pada hubungan bilateral antar negara, dapat melakukan komunikasi juga mempengaruhi banyak sektor yang lain. Semisal ada seseorang warga negara asing yang ingin membeli belanjaan kita, untuk memastikan sesuai keinginan tentu harus berkomunikasi. Nah, disini secara langsung dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris membantu banyak sektor.

Ada banyak alasan mengapa belajar bahasa Inggris ini sangat penting. Di atas sudah dijelaskan dasar pentingnya. Tentu hal inti dari mempelajari suatu bahasa adalah untuk berkomunikasi. Termasuk komunikasi secara langsung seperti berbicara atau mengobrol maupun komunikasi tidak langsung seperti membaca teks.

Alasan harus menguasai bahasa Inggris


Sudah dijelaskan sedikit mengenai bahasa Inggris di atas tadi, dan alasan utama kenapa harus mempelajarinya. Berikut beberapa alasan yang membuat seseorang harus bisa menguasai bahasa Inggris

1.      Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional


Bahasa Inggris memang diakui menjadi bahasa umum yang digunakan manusia untuk berbicara satu sama lain ketika dua orang tersebut tidak memiliki bahasa ibu yang sama. Maka dari itu belajar bahasa Inggris sangat penting sebagai bahasa komunikasi kepada orang-orang luar negeri.

Bahasa Inggris juga menjadi bahasa resmi dalam Persatuan Bangsa Bansa (PBB). Sebagai bahasa resmi pertemuan PBB harus menggunakan bahasa satu ini, kecuali negara dengan bahasa yang juga diresmikan untuk PBB, seperti Mandarin dan Arab. Negara Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia, ketika berada di pertemuan PBB haruslah menggunakan bahasa Inggris.

Begitulah pentingnya belajar bahasa Inggris dalam kanca internasional. Menguasai bahasa Inggris merupakan salah satu dasar jika ingin menuju dunia internasional. Untuk memahami orang di luar negara kita, setidaknya bahasa Inggris adalah hal yang paling minimal untuk dikuasai.

Peran bahasa Inggris dalam berkomunikasi di dunia internasional membuatnya menjadi sangat penting. Sebenarnya tidak perlu jauh melihat bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Perhatikan saja jika seseorang sedang menghubungi orang luar negeri, sebagian besar akan menggunakan bahasa ini.

2.      Masifnya penggunaan bahasa Inggris


Sebelumnya sudah dijelaskan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Hal ini berdampak ada masifnya penutur bahasa Inggris di seluruh dunia, angka ini mencapai lebih dari 400 juta manusia. Sehingga belajar bahasa Inggris, akan membantu seseorang untuk berkomunikasi kepada 400 juta orang tersebut.

Ada 58 negara yang menggunakan bahasa Inggris, dan ada banyak negara yang meresmikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi keduanya. Menguasai bahasa satu ini akan membantu menjalin hubungan bilateral dengan banyak negara tersebut. Selain itu bagi seseorang yang ingin berkunjung juga dapat lebih mudah berkomunikasi di sana.

Masifnya penggunaan bahasa Inggris tidak hanya berdampak pada komunikasi secara langsung saja, namun juga komunikasi tidak langsung seperti tulisan. Coba perhatikan saat ini sudah banyak spanduk yang menggunakan bahasa Inggris untuk slogannya. Memang ini menandakan sudah saatnya untuk belajar bahasa Inggris.

Dari penjelasan ini saja sebenarnya sudah dapat disimpulkan bagaimana bahasa satu ini akan memberikan banyak manfaat jika dikuasai. Dengan menguasai bahasa yang banyak digunakan orang, maka tujuan komunikasi akan semakin tepat sasaran, targetnya pun akan semakin luas. Hal ini akan berakibat baik pada seseorang yang ingin menyebarkan informasi.

3.      Bahasa di internet


Masifnya penggunaan bahasa Inggris juga mencapai ke ranah dunia digital yaitu internet. ini bisa dilihat dari banyaknya informasi yang bertebaran di internet isinya bahasa Inggris. Situs-situs resmi yang ingin menjangkau pasar internasional juga menggunakan bahasa ini. Belajar bahasa Inggris pun sangat penting untuk sekedar berselancar di dunia digital ini.

Apalagi zaman yang sudah memasuki era globalisasi digital dengan informasi yang masif dan memiliki intensitas tinggi di Internet, membuat banyak orang menggunakan internet sebagai media informasi. Penggunaan bahasa Inggris pada berbagai situs internet, tentunya mempengaruhi banyak orang di dunia untuk menguasai bahasa satu ini.

Bagi seseorang yang ingin menyebarkan sebuah informasi ada baiknya menggunakan bahasa Inggris untuk dapat menjangkau target yang lebih luas lagi. Simpel, karena bahasa Inggris sangat banyak digunakan di dunia nyata maupun internet. bahkan masifnya hingga  belajar bahasa Inggris pun dapat dari internet juga.

Internet saat ini sudah seperti dunia kedua manusia. Jadi jangan heran jika masifnya pengguna internet akan diikuti masifnya penggunaan bahasa Inggris yang secara umum diketahui banyak orang. Pada zaman sekarang akan sangat sulit jika tidak berada pada dunia internet, dari sekedar hiburan hingga pekerjaan. Inilah yang membuat tuntutan untuk menguasai bahasa Inggris.

4.      Memiliki peluang kerja yang lebih besar


Perhatikan saja berbagai lowongan kerja, hampir semuanya mensyaratkan untuk pandai berbahasa Inggris. ini juga sebagai masifnya penggunaan bahasa Inggris sampai-sampai untuk bekerja bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa satu ini. Tentunya dengan belajar bahasa Inggris dapat menjadi jawaban untuk hal tersebut.

Jelas sekali jika menguasai bahasa Inggris maka akan mengurangi angka pengangguran secara signifikan. Namun, tetap saja tidak banyak orang yang dapat belajar dengan mudah suatu bahasa, apalagi hingga menguasainya secara fasih.

Tidak hanya masalah pekerjaan, publikasi ilmiah pun kebanyakan dilakukan dalam bahasa Inggris, atau setidaknya jika publikasi tersebut sangat penting untuk diketahui maka akan diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris mampu membuat seseorang selalu update dengan kondisi Ilmiah. Ini juga salah satu faktor yang membuat bekerja membutuhkan bahasa Inggris, karena banyaknya publikasi penting menggunakan bahasa Inggris.

Karena internet saat ini juga dikuasai oleh bahasa satu ini, maka bagi seseorang yang ingin update mengenai berita ataupun kejadian internasional harus bisa berbahasa Inggris. Tentunya mengetahui berbagai isu yang terjadi akan sangat membantu dalam dunia pekerjaan. Itulah mengapa bahasa ini penting.

Itulah beberapa alasan penting untuk belajar bahasa Inggris. alasan-alasan tersebut hanyalah sebagian dari sekian banyak manfaat dari menguasai bahasa Inggris. Ada banyak lagi alasan yang tidak kalah dari alasan-alasan di atas. Namun dari empat alasan tersebut juga sudah dapat diambil kesimpulan seberapa penting bahasa yang satu ini.

Pentingnya bahasa Inggris, lantas tidak membuat mudah untuk dikuasai, banyak orang justru mengalami kesulitan untuk menguasai bahasa ini. Hal ini sebenarnya dapat disesuaikan dengan metode belajar oleh masing-masing orang, Maka banyak yang menciptakan atau menemukan bagaimana caranya belajar dengan mudah.

Dari sekian banyak metode yang paling sering dipilih adalah metode yang menyenangkan. Siapa yang tidak suka belajar jika itu membuat senang? Belajar bahasa Inggris juga dapat dibuat dengan cara yang menyenangkan. Lantas bagaimanakah cara menyenangkan itu?

Metode belajar yang menyenangkan


Berikut ini akan dibahas apa saja cara belajar untuk menguasai bahasa Inggris dengan menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan tentunya dapat meningkatkan efektifitas apa yang ditangkap, maka dari itu cara belajar yang menyenangkan dapat membantu orang-orang yang kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris.

1.      Belajar dengan mendengarkan lagu


Cara ini cukup populer dilakukan oleh banyak orang. Belajar bahasa Inggris dengan cara mendengarkan lagu termasuk cara yang menyenangkan, apalagi untuk seseorang yang sangat suka dengan musik. Cara ini dapat menjadi alternatif untuk memperbanyak kosa kata bahasa Inggris.

Mendengarkan lagu dapat membuat seseorang yang belajar jadi mengetahui bagaimana pengucapan suatu kata. Ini karena lagu dinyanyikan dengan jelas untuk dapat didengar dan dinikmati, sehingga lebih mudah untuk memastikan bagaimana pengucapan suatu kata yang ada di lagu.

Belajar bahasa Inggris dengan cara ini tentunya harus mendengarkan lagu yang berbahasa Inggris, dan juga harus tahu lirik yang dinyanyikan. Mudah saja mencari lirik lagu saat ini, di internet banyak sekali informasi mengenai lirik lagu, gunakanlah informasi ini untuk memperkaya kosa kata berbahasa Inggris.

Cara ini mungkin tidak akan efektif bagi seseorang yang mendengarkan lagu hanya untuk dinikmati saja, tidak lebih. Karena untuk mengoptimalkan cara satu ini haruslah dinyanyikan ulang, supaya dapat melatih bagaimana satu kata dapat diucapkan dengan baik dalam bahasa Inggris. Jadi jangan hanya menjadi pendengar, namun juga harus aktif, baik aktif membaca liriknya ataupun menyanyikan kembali lagunya.

2.      Belajar dengan menonton film


Selain dengan mendengarkan lagu, belajar bahasa Inggris juga dapat dengan cara menonton film. Tentunya cara ini sangat menyenangkan karena dapat menikmati hiburan sekaligus belajar. Cara ini juga banyak direkomendasikan oleh orang-orang untuk diikuti.

Berbeda dengan lagu, bahasa yang dikeluarkan film merupakan bahasa percakapan baik khusus maupun sehari-hari. Inilah yang menyebabkan film bisa lebih efektif mengajarkan bahasa Inggris ketimbang lagu. Karena kata-kata yang disampaikan dalam film sangat banyak dan memiliki kalimat yang sudah terstruktur.

Belajar bahasa Inggris dari film dapat melalui dialog-dialog antara pemain film. Dialog-dialog yang sudah menjadi kalimat dalam bahasa Inggris yang tentunya sudah baik dapat menjadi acuan sebagai contoh-contoh berbagai tense dalam bahasa Inggris. Ini sangat membantu untuk mempelajari struktur suatu kalimat dibentuk.

Percakapan dalam film memang sangat membantu seseorang untuk belajar bahasa Inggris. Bahkan dengan memberikan contoh percakapan, akan melatih daya imajinasi bagaimana percakapan itu dimuat. Hal ini akan melatih intuisi seseorang untuk menyusun secara langsung kata-kata menjadi kalimat yang baik dan dapat dimengerti orang lain.

3.      Memanfaatkan ponsel pintar


Harus diketahui banyak sekali aplikasi yang membantu seseorang untuk belajar berbagai bahasa di ponsel pintar, termasuk juga belajar bahasa Inggris. belajar melalui aplikasi juga menawarkan metode yang menyenangkan, tidak sekedar monoton seperti dalam suatu teks pembelajaran.

Aplikasi-aplikasi ini menawarkan metode belajar yang banyak dan menyenangkan. Bahkan tidak hanya belajar secara tekstual, juga dapat belajar secara audio dan visual, sekaligus dapat berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Inilah keunggulan aplikasi-aplikasi pembelajaran bahasa yang ada di ponsel pintar.

Oleh karena itu tidak ada salahnya memanfaatkan ponsel pintar sebagai sarana belajar bahasa Inggris. Selain menggunakan aplikasi ada banyak cara lain yang dapat dilakukan dengan ponsel pintar sebagai sarana belajar tentunya juga menyenangkan. Jadi tidak terbatas pada aplikasi tersebut.

Ponsel pintar membuat seseorang dapat mengakses berbagai macam video yang berkenaan mengenai cara menguasai bahasa Inggris. Hal ini membuat seseorang tidak perlu membayar mahal untuk mengikuti kursus untuk sekedar mengetahui dasar-dasar dari bahasa Inggris. Pertanyaan adalah, siapa yang tidak menyukai menggunakan ponsel pintar, yang sudah dijadikan teman hidup setiap saat pada era sekarang ini.

4.      Belajar dengan membaca buku


Meningkatkan literasi adalah hal yang sangat penting dalam proses belajar bahasa Inggris maupun belajar bahasa lainnya. Cara paling efektif untuk meningkatkan hal ini adalah dengan membaca buku. Tidak perlu buku-buku ilmiah yang menggunakan bahasa sangat baku, baca saja buku-buku cerita seperti novel.

Bacalah buku yang membuat senang untuk dibaca terus. Untuk anak-anak memang direkomendasikan membaca buku cerita anak, ini akan sangat membantu menguasai bahasa Inggris. Untuk orang yang sudah dewasa dapat dengan buku-buku novel ringan, ataupun buku apa saja yang membuat senang.

Memang metode ini tidak diperuntukan bagi yang baru memulai belajar dan sedikit mengetahui kosa kata bahasa Inggris. belajar bahasa Inggris dengan membaca cocok dilakukan oleh orang yang sudah pandai melihat kalimat dalam bahasa Inggris. Selain membaca buku dapat juga membaca berita. Karena kalimat berita mudah untuk dipahami.

Sebenarnya metode ini mengisyaratkan untuk sering-sering membaca baik itu buku atau apapun, supaya literasi bahasa Inggris dapat terus bertambah. Ada juga metode membaca kamus bahasa Inggris untuk mengetahui apa saja kosa kata dalam bahasa Inggris, metode ini cukup efektif untuk menambah simpanan kata-kata. Kekurangan dari cara satu ini hanyalah tidak dalam audio, jadi sulit untuk melakukan pengucapan nantinya.

5.      Belajar dengan bicara


Bicara adalah praktek dari berbahasa, inti dari belajar bahasa Inggris tentunya adalah keinginan untuk lancar berbicara bahasa Inggris. Nah, berbicara adalah suatu cara yang ampuh untuk menguasai suatu bahasa, karena dengan itu seseorang akan langsung praktek mengemukakan apa yang diketahui.

Ada banyak versi belajar dengan cara bicara ini. Pertama dapat bicara sendiri, dengan bicara sendiri seseorang akan meningkatkan kemampuan pengucapan bahasanya. Selain itu membantu menambah kepercayaan diri, bagaimana harus bicara kepada orang lain nantinya. Cara satu ini dapat dilakukan bicara sendiri secara langsung menjelaskan sesuatu, ataupun seolah dibuat ada dialog, dapat juga dilakukan di depan cermin.

Belajar bahasa Inggris menggunakan cara bicara dapat juga dilakukan dengan mengajak bicara orang lain. Metode sangat efektif untuk belajar bahasa, karena secara langsung akan berinteraksi, sehingga langsung mempraktekan apa yang didapat. Juga melatih terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris, sekaligus terbiasa bicara dengan bahasa Inggris.

Banyak hal yang membuat metode satu ini menyenangkan dan efektif, salah satunya adalah karena dapat mengungkapkan hasil yang didapat selama belajar. Juga dapat memiliki teman yang sama-sama belajar jika teman bicara yang dipilih adalah teman. Oleh karena itu metode ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang sedang belajar suatu bahasa.

6.      Belajar sambil berwisata


Melakukan wisata atau traveling juga menjadi cara ampuh dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. dengan berwisata akan memungkinkan untuk bertemu dengan banyak native speaker bahasa Inggris. Ini memudahkan seseorang untuk belajar secara langsung seperti berbicara tadi, tapi pada tahapan lebih lanjut.

Tentu saja melakukan perjalanan wisata adalah kegiatan yang menyenangkan apalagi untuk beristirahat dari kepenatan sehari-hari. Dapat juga melakukan jalan-jalan, hal ini lebih memungkin kan untuk bertemu dengan seorang penutur bahasa Inggris yang dapat diajak bicara, untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Jika memiliki kemampuan finansial yang lebih dapat mencoba traveling ke luar negeri, terutama negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Pada posisi itu seseorang akan terpaksa menggunakan bahasa Inggris, secara otomatis belajar bahasa Inggris. Karena berada di tempat yang hanya menggunakan bahasa tersebut.

Berwisata atau traveling memang merupakan cara jitu untuk belajar bahasa Inggris, selain menyenangkan karena rekreasi, juga dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris dengan praktek secara langsung berbicara menggunakan bahasa Inggris kepada native speaker. Tentu saja pengalaman ini akan sangat berharga dan dapat menjadi motivasi untuk terus belajar.

Itulah beberapa tips cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan, dapat dicoba secara langsung. Dari semua cara tersebut intinya adalah ketekunan untuk belajar, tentunya dengan menimbulkan rasa senang, ketekunan tersebut juga akan semakin meningkat.

Dari beberapa cara yang disajikan cara manakah yang cocok bagi Anda? Cobalah gabungkan berbagai cara di atas untuk memaksimalkan proses pembelajaran yang berlangsung. Anda dapat menonton film lalu mendengarkan lagu sambil bermain ponsel pintar yang sedang membuka aplikasi belajar bahasa.

Niscaya melakukan hal-hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih menguasai dan ingin terus belajar bahasa Inggris. Tentunya cara tersebut akan kurang efektif jika Anda tipikal yang tidak menyukainya. Jadi suatu cara belajar yang menyenangkan sebenarnya pernyataan lain dari cara belajar yang cocok bagi seseorang, sangat subjektif.

Mulai melatih berbahasa Inggris


Semua cara yang dijelaskan tidaklah memiliki arti jika Anda tidak memulainya. Hal-hal yang mudah seperti mendengarkan lagu atau menonton film dapat dilakukan sambil santai, sehingga tidak ada alasan untuk bermalas-malasan mempelajari bahasa yang sering digunakan satu ini.

Apalagi masifnya penggunaan bahasa Inggris yang sudah dijelaskan sebelumnya, membuat menjadi keharusan untuk belajar bahasa Inggris. Inti dari segala cara yang menyenangkan tadi adalah, Anda memiliki banyak cara untuk belajar. Temukan metode yang memang cocok untuk Anda, sehingga belajar menjadi optimal.
Baca juga artikel lainnya disini

Bahasa Inggris dapat dipelajari di dalam ruang les, namun apakah akan berpengaruh signifikan jika hanya dipelajari namun tidak dipraktekan. Sama halnya dengan cara-cara di atas, Anda harus berani untuk memulai mengungkapkan kemampuan berbahasa Inggris melalui percakapan kecil.

Hal-hal kecil itulah yang dapat belajar bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan juga mudah dipahami. Secara lama kelamaan Anda akan sadar bahwa sudah menguasai bahasa Inggris cukup fasih. Jadi mari mulai belajar dengan cara yang sederhana dan membuat  senang.


0 comments:

Posting Komentar