Ads 468x60px

Jumat, 28 Agustus 2020

Pentingnya Peran Penerjemah Bagi Wisatawan Manca Negara Yang Berkunjung Ke Jogjakarta


Pentingnya peran penerjemah bagi wisatawan manca negara yang berkunjung ke Jogjakarta. Jogjakarta atau Yogyakarta merupakan salah satu destinasi rekreasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan manca negara. Ini karena banyaknya ragam budaya yang kelestariannya masih terjaga sampai sekarang membuat banyak orang asing tertarik untuk mengetahuinya.

Seni budaya Jogjakarta tetap diperlihatkan dalam bahasa ibunya, bukan bahasa asing disinilah peran penerjemah bagi wisatawan manca negara diperlukan. Supaya wisatawan luar negeri yang berkunjung dapat memahami lebih jauh mengenai suatu seni budaya yang ada di Jogjakarta.

penerjemah bagi wisatawan manca negara
Selain itu ada banyak hal lain membuat seorang wisatawan luar negeri harus memiliki penerjemah saat berkunjung ke Jogja, menjadikan pentingnya peran seorang penerjemah.. Nah berikut ini beberapa alasan mengenai hal tersebut. 

Penerjemah memberikan sarana komunikasi


Bayangkan ketika Anda berada di negara lain yang memiliki bahasa yang tidak Anda mengerti. Pasti akan membutuhkan penerjemah untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Sama halnya dengan yang terjadi pada wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Jogja, tidak semua dari mereka memahami bahasa Jawa ataupun Indonesia, maka diperlukan penerjemah bagi wisatawan manca negara.

Tidak sampai situ, dengan kelancaran berkomunikasi akan membuat segala urusan lebih mudah bari wisatawan luar negeri tersebut. Misalkan jika seseorang itu ingin sekedar makan makanan tradisional di luar, tentunya perlu berkomunikasi dengan orang-orang lokal supaya keinginan tersebut tercapai.

Dalam memahami kebudayaan dan berbagai tempat wisata juga seperti itu, seorang penerjemah dapat menerjemahkan apa yang terjadi pada seorang wisatawan, sehingga membuatnya lebih terkesan dengan Jogja. Hal ini membuat penerjemah bagi wisatawan manca negara juga memiliki andil dalam memberi tahu orang-orang di luar sana mengenai keindahan seni budaya Yogyakarta.

Penerjemah menjadi tour guide


Penerjemah juga memiliki fungsi sebagai tour guide terutama bagi wisatawan luar negeri di Jogjakarta. Bayangkan jika Anda hanya bisa berbahasa inggris namun tidak tahu menahu mengenai Jogja, lantas apa yang akan Anda komunikasikan kepada wisatawan tersebut?

Oleh karena itu seorang penerjemah bagi wisatawan manca negara harus juga memiliki keterampilan dalam menjadi pemandu wisata. Banyak memahami apa yang ada di Jogja dan juga mengenai kesenian dan budaya di Jogja, sehingga membuat wisatawan luar negeri tidak perlu repot-repot mencari tahu sendiri.

Hal ini akan memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke berbagai destinasi di Jogja. Secara langsung juga akan meningkatkan reputasi Jogja di mata dunia, sehingga pengetahuan mengenai Jogjakarta menjadi hal yang dapat dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Penerjemah menjadi teman


Ketika seseorang yang tidak tahu menahu mengenai suatu tempat yang dia kunjungi, tentunya orang tersebut membutuhkan teman agar dapat lebih nyaman berada ditempat tersebut. Nah, penerjemah bagi wisatawan manca negara dapat menjadi seorang teman perjalanan yang diperlukan.

Seorang teman perjalanan sangat dibutuhkan apalagi jika orang tersebut merupakan masyarakat lokal yang mengetahui banyak hal mengenai wisata yang ada. Ini dapat memberikan kesan yang ramah pada wisatawan, sehingga membuat wisatawan manca negara akan lebih senang untuk terus berada di Jogja.

Bayangkan saja jika anda berwisata dengan seorang teman, tentunya akan semakin menyenangkan bukan. Hal sederhana ini yang membuat peran penerjemah bagi wisatawan manca negara penting untuk berada di Jogjakarta, untuk memberikan kesan yang lebih menarik mengenai Jogja.

Simak artikel lainnya disini

Peran penerjemah yang sangat penting


Sudah dijelaskan beberapa alasan mengenai pentingnya peran seorang penerjemah untuk wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Jogja. Hal ini membuat perlunya seorang penerjemah untuk memiliki pengetahuan mengenai jogja yang mendalam terutama tempat wisatanya dan juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sehingga peran penerjemah tidak sekedar menerjemahkan, namun juga menjadi seorang teman perjalanan yang dapat diandalkan untuk memberi kesan yang baik.

Sudah mengetahui pentingnya peran penerjemah bagi wisatawan manca negara dari penjelasan di atas. Oleh karena itu seorang penerjemah harus terus mengasah kemampuannya. Anda yang memiliki ketertarikan dalam bidang ini dapat menjadikan alasan tersebut sebagai referensi untuk meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. 


0 comments:

Posting Komentar