Ads 468x60px

Sabtu, 22 Agustus 2020

Tips Cepat Memahami Jurnal / Referensi Perkuliahan Yang Berbahasa Inggris Dengan Mudah


Tips Cepat Memahami Jurnal / Referensi Perkuliahan Yang Berbahasa Inggris Dengan Mudah Bagi sebagian mahasiswa mencari jurnal atau referensi kualiah adalah perihal yang sangat penting. Apalagi jika sumber - sumber tersebut dapat digunakan sebagai penunjang dalam penyusunan skripsi dan tesis. Selain itu, referensi berupa jurnal sering dipilih oleh mahasiswa karena sumber yang dimiliki sangat terperaya dan sudah terakreditasi dengan baik. Beberapa kajian yag dimiliki juga bersumber dari informasi yang sudah relavan.

Namun, tetap saja dibutuhkan tips cepat memahami jurnal / referensi perkuliahan yang berbahasa Inggris tersebut. Alasannya adalah, karena jurnal dan referensi dalam bahasa Inggris sering sekali digunakan oleh apra dosen sebagai acuan. Dan biasanya pembahasannya juga lebih luas. Inilah yang menjadi faktor penting sumber dari jurnal tersebut harus selalu diteliti terlebih dahulu sebelum digunakan, serta dikaji dengan detail isi - isi pembahasan yang ada didalamnya.

tips cepat memahami jurnal
Dengan demikian tips cepat memahami jurnal, hasil penelitian dan tugas yang dikerjakan tidak bersifat rancu dan pastinya tidak ditolak oleh dosen. Sementara itu, penggunaan referensi dan jurnal melalui bahasa Inggris ini juga dilengkapi oleh beberapa pernyataan dari para ahli terkenal yang mampu membuat hasil karya tulis dan tugas mahasiswa menjadi lebih baik lagi.

Misalnya saja yaitu menggunakan sumber dari salah satu peneliti di Univeristas Harvard, Univesitas Oxford, dan kampus besar lainnya. Agar lebih memahami dnegna jelas, maka disinilah tugas mahasiswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Carilah Situs Resmi Terpercaya

Cara pertama dalam tips cepat memahami jurnal / referensi perkuliahan yang berbahasa Inggris adalah mencari situs resmi dan terpercaya yang telah diakui dalam kancah dunia pendidikan Internasional. Dimana, cara ini merupakan perihal yang sangat efektif untuk menemukan jurnal - jurnal terbaik yang ditulis oleh para penulis ilmiah terbaik. Dalam mengaksesnya tersebut, gunakanlah keyword atau kata kunci yang menjadi tema pencarian.

Setelah itu, bukalah beberapa jurnal yang dibutuhkan saat telah muncul pada beranda. Perhatikan kembali ringkasan jurnal tersebut apakah pembahasan telan sesuai dengan tema yang akan dikerjakan. Berikutnya, jika tidak mengetahui arti ataupun maksud wacana jurnal tersebut, cobalah untuk menerjemahkannya kedalam google translate atau situs resmi penerjemah dokumen alinnya yang bersifat resmi.

Berikan Tanda Merah Pada Kalimat Yang Telah Dibaca

Setelah tips cepat memahami jurnal mendapatkan jurnal atau referensi bahasa Inggris yang dibutuhkan, maka tahap selanjutnya adalah berikan tanda merah sebagai tanda bacaan dari kalimat yang telah dibaca. Tanda merah tersebut sebagai tanda bukti dari beberapa kata yang kita terjemahkan, sehingga kalimat yang tersusun menjadi mudah untuk dimaknai.

Selain itu, keuntungan ini juga berfungsi dalam memudahkan kita agar tidak melewati setiap kalimat yang akan diartikan pada paragraph jurnal tersebut. Tanda merah juga berfungsi untuk memberikan jeda kalimat saat proses mengartikan. Dimana, tanda merah ini memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mempelajari struktur kalimat yang digunakan pada jurnal tesebut, mana bagian yang penting dan mana yang tidak penting.

Dari sinilah tips cepat memahami jurnal, akan ditemukan kata kunci dan intisari dari pembahasan pada referensi kuliah berbahasa Inggris tersebut.

Perhatikan lainnya disini

Catatlah Kalimat Penting

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam melakukan penerjemahan pada / referensi perkuliahan dalam bahasa Inggris adalah dengan mencatat beberapa kalimat - kalmiat penting didalamnya. Yang mana, pencatatan ini berfungsi memudahkan bagi penulis untuk mengartikan setiap kalimat yang digunakan tersebut. Dari pencatatan tersebut dapat disimpulkan keseluruhan makna.

Saat mencatat tips cepat memahami jurnal, juga memudahkan penulis untuk mempelajari setiap vocabullary atau kosakata dalam bahasa Inggris. Jadi, menulis sambil belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara ini. Adapun pada proses pencatatannya, bisa dibantu dengan menggunakan aplikasi google translate, kamus online, atau kamu manual biasa. Lebih praktis kan!

Demikianlah informasi mengenai seputar tips cepat memahami jurnal bagi mahasiswa. Semoga dengan adanya pedoman tersebut dapat memberikan motivasi terbaik untuk semua mahasiswa dalam menangani kesulitannya kembali terhadap data - data spesifik yang terdapat pada jurnal ilmiah bahasa Inggris tersebut. Yang paling penting dalam memahaminya adalah keuletan dan ketekunan harus menjadi satu.




0 comments:

Posting Komentar