Ads 468x60px

Kamis, 13 Agustus 2020

Langkah Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris!


CALL/WA: 0818200450
 
Langkah memperkaya kosa kata bahasa Inggris! Bahasa Inggris memang menjadi bahasa yang selalu diperbincangkan oleh semua orang. Bahkan sampai saat ini saja banyak sekali beberapa negara yang belum lancar dalam berbahasa asing. Salah satunya adalah ketika kamu ingin berbicara dengan orang asing atau bule pastinya kamu harus lancar dalam berbahasa asing. Bukan hanya itu saja dengan mempelajari bahasa asing salah satunya bahasa Inggris ini maka kamu tidak perlu cemas ketika ingin berbicara nantinya.

Tetapi sering kali banyak beberapa orang kurang memahami pentingnya bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak bahasa tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang di Indonesia sudah ada yang berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Pastinya hal ini bukan tanpa sebab akibat melainkan hal ini diakibatkan dengan adanya kerja keras. Sehingga hasil yang diberikan bisa lebih baik daripada sebelumnya.

Sebenarnya Langkah memperkaya kosa kata khususnya bahasa Inggris memang beragam sekali sehingga kalau kamu mau tahu. Maka kamu cukup mempelajari beberapa hal, di dalam hal ini pastinya ada banyak sekali poin – poin penting yang hanya ada di dalam tips tersebut. Kalau sudah seperti itu maka kamu bisa langsung membuktikannya apakah benar tips yang dikatakan oleh situs itu. Kalau benar maka kamu bisa coba buktikan dengan kenyataan yang otentik. Sehingga banyak orang yang bisa percaya dengan hasil yang kamu hadapi.

Langkah memperkaya kosa kata

Sebelum mempelajari bagaimana langkah lancar dalam menguasai kosa kata bahasa Inggris maka kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu bahasa Inggris. Biasanya dengan mengenal Bahasa Inggris lebih baik bisa memicu semangat kamu nantinya. Kalau sudah seperti itu maka hal ini bisa mempermudah kamu dalam proses belajar bahasa Inggris. Biasanya ada beberapa tips yang bisa kamu tiru. Mulai dari tips yang paling mudah sampai dengan tips yang paling sulit juga ada. Bagaimana? Penasaran dengan berbagai tips? Simak ya!

Harus tahu ada kosa kata apa saja

Langkah memperkaya kosa kata yang pertama adalah harus tahu kosa kata apa saja. Kosa kata merupakan salah satu bagian utama yang biasanya ada di dalam bahasa Inggris. Pada umumnya kosa kata ini dalam bahasa Inggris yaitu Vocabulary. Kalau mendengar kata Vocabulary pastinya kamu tahu apa maksud dari kata ini. Tentunya makna dari Vocabulary adalah kosa kata, biasanya kosa kata ini penting sekali. Karena dengan adanya kosa kata bisa menambah kosa kata yang belum pernah kamu dengar.

Tetapi ada baiknya kamu harus cari tahu terlebih dahulu apa saja kosa katanya karena dengan adanya kosa kata yang beragam. Maka akan memudahkan kamu dalam melakukan berbagai hal yang kamu mau. Misalnya saja kamu mau berbicara dengan orang asing pastinya perlu yang namanya kosa kata. Karena dengan kosa kata bisa membantu kamu belajar banyak tentang pembicaraan yang ada di dalam bahasa Inggris. Sebenarnya kalau mau mencari kosa kata memang mudah sekali.

Ada dua langkah memperkaya kosa kata yang harus kamu miliki ketika mau tahu apa saja kosa katanya. Yaitu bisa belajar melalui kamus bahasa Inggris, karena di dalam kamus maka kamu akan menemukan banyak sekali kosa katanya. Bahkan kalau dikatakan maka kosa kata yang akan kamu dapatkan itu beragam bukan hanya ada satu atau dua kosa kata saja. Melainkan banyak sekali puluhan kata, ratusan kata, ribuan kata sampai dengan jutaan bahkan milyaran.

Nah, itulah kalau kamu mau belajar dari kamus pastinya kamu akan mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. Karena disana juga terdapat cara pembacaan yang baik dengan adanya cara pembacaan yang baik maka memudahkan kamu mengerti kosa kata tersebut. Selain adanya cara pembacaan maka kamu bisa mengetahui artinya dari satu kosa kata yang kamu lihat di dalam kamus. Bukan hanya ada satu makna saja melainkan ada beberapa kosa kata yang memiliki makna sampai dua atau 4 kata dan bisa juga lebih.

Pahami kosa katanya

Langkah memperkaya kosa kata yang kedua adalah pahami kosa katanya. Terkadang kalau kamu mau menguasai sesuatu hal maka kamu harus memahami terlebih dahulu setiap kosa katanya. Karena dengan paham apa saja kosa katanya maka memudahkan kamu menyerap kosa kata ke dalam otak kamu. Dengan adanya pemahaman kosa kata yang lebih baik maka bisa memudahkan kamu dalam menguasai bahasa Inggris yang seutuhnya. Tetapi sering kali kamu akan menemukan berbagai macam masalah.

Misalnya saja ketika kamu memahami suatu kosa kata tetapi kamu tidak mampu mengerti sepenuhnya maka kamu bisa pahami secara berulang kali. Karena kalau sudah seperti ini maka bisa memudahkan kamu dalam melakukan pemahaman pada kosa katanya. Karena ada beberapa kosa kata yang memang sulit sekali untuk dipahami. Dengan adanya kesulitan ini maka kamu harus berlatih lebih giat. Misalnya dengan mencari contoh kalimat yang menggunakan kosa kata tersebut.

Setiap orang memang sering kali menghadapi berbagai hal terutama pada saat belajar bahasa Inggris. Memang wajar sekali kalau merasakan kesulitan dan kalau kamu mau maka kamu mau maka bisa pelajari dengan kosa kata yang lebih mudah terlebih dahulu. Dengan adanya kosa kata yang mudah maka kamu tidak akan merasa kesulitan. Melainkan langkah memperkaya kosa kata bisa membantu kamu dalam belajar berbagai kosa katanya. Dengan adanya berbagai macam tips ini bisa menambah wawasan kamu dalam mempelajarinya.

Karena kalau dari sekarang saja kamu sudah bisa memahami apa saja kosa katanya maka kamu akan lebih mudah dalam menggunakan kosa katanya. Misalnya saja kalau kamu mau membuat kalimat pastinya penting sekali keberadaan kosa kata ini. Bayangkan saja kalau kamu saja tidak paham dengan adanya kosa kata maka kamu bisa lebih paham tentang kosa katanya. Untuk pertama – tama, maka kamu bisa pahami sekitar lima buah kosa kata terlebih dahulu agar bisa paham apa maknanya dan cara penggunaannya.

Harus mencintai kosa katanya

Langkah memperkaya kosa kata yang ketiga adalah harus mencintai kosa katanya. Kalau kamu sudah melakukan kedua langkah sebelumnya. Maka pada langkah ini kamu harus berusaha lebih mencintai kosa kata yang kamu hapalkan. Biasanya dengan mencintai maka hafalan kosa kata yang kamu lakukan akan menjadi ringan. Sehingga kosa kata yang kamu pahami tidak akan menjadi beban bagi diri kamu sendiri. Tentunya langkah ini memang penting sekali untuk kamu lakukan.

Misalnya saja kalau kamu sudah mencintai sesuatu hal maka kamu akan mencari tahu tentang hal itu. Sama halnya seperti kosa kata maka agar lebih sering kamu pikirkan maka kosa kata juga perlu kamu cintai. Sebenarnya dalam hal ini memang mudah sekali semakin mudah kamu mencintai kosa kata tersebut maka semakin mudah pula kamu menggunakan kosa kata di dunia nyata. Dengan adanya hal ini maka bisa memperkaya kosa kata yang kamu miliki terutama di dalam bahasa Inggris.

Langkah memperkaya kosa kata memang bisa kamu uji langsung dengan mencoba kosa katanya. Misalnya saja kamu belum pernah mencintai kosa kata tetapi cukup mengenal saja memang tidak cukup. Kalau kamu ingin suatu hal pastinya harus mengenal dalamnya juga bukan hanya mengenal bagian luarnya saja. Karena kalau mengenal bagian luarnya saja maka hal ini tidak bisa dikatakan kamu mencintai kosa katanya. Melainkan kamu hanya tahu saja kalau kosa kata itu seperti ini.

Berbeda hal kalau kamu mencari tahu unsur – unsur yang ada di dalam kosa katanya maka pemahaman kosa kata kamu bisa lebih mumpuni. Dibandingkan kamu hanya sekedar mengenal kosa kata tersebut. Tentunya hal ini terlihat biasa saja tetapi kalau kamu lakukan secara terus menerus maka akan menghasilkan hasil yang luar biasa. Dalam hal ini memang harus kamu lakukan secara bertahap ya. Agar hasil dari kosa kata yang kamu cintai selama ini bisa lebih banyak. 
 

Pakai buku thesaurus

Langkah memperkaya kosa kata yang keempat adalah pakai buku thesaurus. Kalau kamu baru mendengar kata “thesaurus” pastinya kamu akan terlihat asing. Buku thesaurus ini memang bermanfaat sekali sehingga kalau kamu mau tahu maka buku inilah yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran kamu. Karena terkadang ada beberapa kata yang memiliki arti yang sama sehingga bisa kamu tulis langsung ke dalam buku ini. Lagi pula dengan adanya buku ini bisa membantu kamu dalam mempelajari apa saja kosa katanya.

Thesaurus bisa menjadi salah satu bahan yang bisa kamu andalkan karena buku ini bisa memberikan manfaat yang lebih baik bagi diri kamu sendiri. Biasanya dengan menuliskan beberapa bahan untuk kosa kata. Maka bisa membuat kamu lebih paham tentang apa saja kosa kata yang ada di dalamnya. Sehingga kalau kamu mau tahu maka tips kali ini bisa jadi bahan utama ketika kamu mau mempelajari kosa kata. Lagi pula banyak sekali beberapa orang yang terkecoh dengan banyaknya kosa kata yang hampir mirip.

Dengan adanya Langkah memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris ini bisa membantu kamu dalam memahami apa saja beberapa halnya. Sebenarnya dengan mengetahui adanya kata yang sama maka kamu bisa mencari tahu apa saja perbedaannya. Pastinya ada saja yang berbeda entah itu karena tulisan yang berbeda tetapi cara pembacaan yang sama atau arti yang sama tetapi cara baca dan kosa katanya berbeda. Memang kosa kata ini sering kali terjadi sehingga wajar saja kalau masih ada di dalam bahasa Inggris.

Bukan hanya itu saja dengan adanya thesaurus ini bisa membantu kamu agar lebih mengerti seperti apa kosa katanya. Bahkan dengan adanya hal ini bisa dijadikan sebagai bantuan yang bisa kamu gunakan ketika kamu sedang belajar untuk memahami kosa katanya. Biasa’ memang ada beberapa orang yang menjual buku thesaurus ini tetapi ketika kamu membeli buku ini maka kamu akan mendapatkan banyak hal. Diantaranya ada beberapa hal seperti padanan kata sinonim, anonim dan banyak hal yang lainnya.

Gunakan teknologi yang canggih

Langkah memperkaya kosa kata yang kelima adalah gunakan teknologi yang canggih. Sekarang ini memang semu hal bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi yang canggih. Apalagi hanya melalui telepon genggam saja maka kamu sudah bisa mencari berbagai macam hal. Terutama buat kamu yang ingin mencari kosa kata bahasa Inggris maka Google telah menyediakan banyak sekali kosa katanya. Sehingga kalau kamu mau tahu maka kosa kata yang kamu dapatkan nantinya akan beragam.

Walaupun tidak semua orang memiliki telepon genggam tetapi bisa meminjam dari teman kamu untuk belajar bahasa Inggris. Pastinya kalau sudah punya telepon genggam tentunya harus kamu manfaatkan sebaik mungkin yang kamu bisa. Sehingga kalau sudah ada seperti ini maka kamu tidak perlu mencemaskan akan hal ini. Contohnya saja sekarang memang ada beberapa penerjemah yang akan membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris. Sehingga pelajaran yang sedang kamu pelajari tentunya akan lebih mudah.

Daripada kamu harus belajar secara otodidak maka Langkah memperkaya kosa kata ini bisa kamu coba dengan sendirinya. Lagi pula dengan adanya teknologi maka kamu bisa berbicara dengan orang asing. Bahkan banyak sekali beberapa aplikasi yang akan membantu kamu untuk berbicara dengan orang asing. Dengan adanya pembicaraan ini maka otak kamu akan berpikir keras sehingga mau tidak mau harus melakukan hal ini secara berulang kali. Semakin banyak bicara maka kemampuan berbahasa Inggris bisa menjadi lebih tinggi.

Terkadang kalau kamu melakukan sesuatu maka kamu harus melakukan secara teratur setidaknya secara bertahap. Karena kalau kamu sudah bisa melakukan hal ini dengan banyak tahapan. Maka kamu tidak akan kesulitan ketika ingin belajar banyak sekali kosa kata yang ada di dalam bahasa Inggris. Atau kamu juga bisa menggunakan kosa kata yang kamu pahami untuk berbicara dengan orang lain. Dengan begitu mudah bagi kamu untuk melakukan hal tersebut.

Banyak membaca kosa kata

Langkah memperkaya kosa kata yang kelima adalah banyak membaca kosa kata. Terkadang membaca menjadi jalan yang utama yang harus kamu tempuh. Karena dengan banyak membaca maka kamu bisa mendapatkan berbagai macam kosa kata yang belum pernah kamu ketahui. Semakin banyak kamu membaca sesuatu hal maka semakin banyak pula kamu mengerti apa makna dari kosa kata itu. Biasanya ada banyak sekali buku yang bisa kamu gunakan untuk membaca.

Entah itu dalam buku kamus bahasa Inggris atau dalam buku kosa kata yang khusus sehingga dengan adanya kosa kata ini. Maka kamu bisa mengetahui apa saja hal yang ada di dalam buku kosa kata buku itu. Saat membaca buku tersebut, maka kamu harus membaca mana kata yang tidak kamu mengerti karena dari kata yang tidak kamu mengerti maka memudahkan kamu dalam memahaminya. Pastinya ada saja beberapa kosa kata yang kamu pahami dan ada pula beberapa kosa kata yang tidak kamu pahami.

Langkah memperkaya kosa kata yang kelima ini bisa kamu coba karena banyak sekali membuktikan kalau banyak membaca maka semakin banyak kosa kata yang kamu miliki. Hal ini pastinya dikarenakan adanya beberapa hal yang penting karena tanpa adanya buku maka kamu tidak akan mendapatkan hal yang baru. Sama halnya seperti kosa kata yang memang harus kamu cari sendiri. Kalau kamu sudah tahu apa saja kosa kata yang kamu dapatkan maka kamu cari tahu ada apa dengan kosa katanya.

Dengan adanya pembacaan inilah bisa menambah kata – kata baru yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Dengan adanya hal ini maka bisa membuat kamu lebih baik lagi dalam menjalankan beberapa hal. Semakin mudah kamu dalam membaca maka semakin mudah pula kamu dalam memahaminya. Sehingga dengan adanya hal ini maka kamu bisa mendapatkan informasi yang belum pernah kamu dapatkan. Misalnya saja seperti cat  yang artinya kucing pasti ada beberapa hal kata yang masih berhubungan dengan katanya. 

Biasakan berbicara bahasa Inggris

Langkah memperkaya kosa kata yang keenam adalah biasakan berbicara bahasa Inggris. Dengan membiasakan diri untuk berbicara tentang bahasa Inggris maka kamu akan mengetahui banyak hal. Bukan hanya satu atau dua kosa kata saja melainkan kamu akan mendapatkan kosa kata yang tidak kamu mengerti. Apalagi dengan adanya kosa kata ini bisa melatih pembendaharaan kata kamu menjadi lebih banyak. Tetapi tentunya dalam berbicara bahasa Inggris harus memiliki topik yang berbeda setiap harinya.

Karena kalau memiliki topik yang berbeda maka pembicaraan kamu tidak akan sampai di situ saja. 
Melainkan pembicaraan kamu bisa membahas tentang topik yang akan kamu tentukan. Pastikan kamu berbicara bahasa Inggris dengan orang asing karena orang asing tidak mungkin mengerti bahasa kamu. Melainkan kamulah yang harus belajar kepada orang asing tersebut cari tahu tentang seperti apa bahasanya. Karena semakin banyak kamu berbicara maka kamu bisa tahu apa saja aksen dari orang asing tersebut.

Dengan adanya langkah memperkaya kosa kata ini memang bisa membantu bagi beberapa orang yang masih terhambat dalam mempelajari kosa katanya. Lagi pula dengan banyaknya belajar maka kamu bisa mengetahui apa saja hal yang perlu untuk kamu lakukan. Karena kalau kamu bisa melakukan beberapa hal ini dengan mudah maka kamu tidak akan merasa cemas dalam menggunakan akan hal ini. Apalagi tips ini sangat bermanfaat sekali untuk kamu yang mau mempelajari bahasa Inggris.

Karena kalau tidak dimulai dari kebiasaan yang sepele maka kamu tidak akan berubah. Lebih baik berusaha berbahasa asing di mulai dari sekarang karena ada banyak sekali hal yang akan kamu dapatkan nantinya. Bukan hanya itu saja kalau kamu mau tahu pada umumnya maka kamu akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Salah satunya adakah bisa memahami berbagai macam kosa kata yang kamu miliki. Kalau sudah paham maka kamu bisa lebih lancar dalam berkomunikasi dalam bahasa asing.

Pelajari istilah baru

Langkah memperkaya kosa kata yang ketujuh ini adalah pelajari istilah baru. Memang di dalam bahasa Inggris kamu akan menemukan banyak sekali istilahnya. Ada yang istilah lama sampai dengan istilah baru. Sehingga kalau kamu sudah tahu tentang hal ini maka kamu tidak perlu ragu – ragu lagi melainkan kamu bisa langsung saja mencari tahu apa saja istilahnya. Terkadang ada beberapa istilah yang mudah, sedang dan sulit sehingga kalau kamu mau tahu maka kamu pelajari yang mudah terlebih dahulu.

Mari baca artikel lainnya disini

Kalau sudah mendapatkan hal yang mudah maka kamu bisa belajar ke tingkat yang lebih sulit. Dengan adanya tingkatan ini bisa memicu semangat kamu dalam belajar pastinya kamu akan mendapatkan banyak hal. Terutama bagi para pelajar kosa kata menjadi bagian yang paling penting di dalam bahasa Inggris.

Langkah memperkaya kosa kata memang memberikan banyak pilihan untuk kamu yang mau belajar. Bahkan kamu bisa mencoba beberapa tips di atas ya!

0 comments:

Posting Komentar