Ads 468x60px

Kamis, 27 Agustus 2020

Penulisan Kreatif dan Pelokalan Bahasa


Penulisan kreatif dan pelokalan bahasa. Transkreasi adalah menerjemahkan ke dalam suatu bahasa yang lebih mudah dipahami. Jika penerjemahan tidak menyesuaikan dengan pembacanya, maka metode ini akan menyesuaikan bahasa terjemahan dengan kenyaman audiens.

Transkreasi atau biasa disebut penulisan kreatif berupa penerjemahan yang bahasanya tidak literal, jadi aka nada perubahan bahasa namun tidak perlu khawatir karena memiliki arti yang sama. Tentunya metode ini perlu dilakukan oleh ahli bahasa yang profesional sehingga tidak ada pemahaman dari teks asli yang tidak sampai kepada audiens.

penulisan kreatif
Selain itu dalam transkreasi juga penting melakukan pelokalan bahasa. Pelokalan bahasa bermaksud untuk memudahkan pembaca memahami terjemahan sesuai dengan target yang disasar. Pelokalan ini dilakukan dalam penulisan ulang sebenarnya sebagai respon dari kompleksitas suatu bahasa, yang mana akan sulit menerjemahkan bahasa secara literal.

Setidaknya ada tiga unsur penting dalam melakukan penulisan kreatif ini. Yaitu unsur bahasa, unsur kebudayaan, dan unsur emosi. Memang harus diakui transkreasi biasa digunakan untuk mengiklankan suatu produk agar sesuai dengan pasar yang dituju, makanya ketiga unsur tadi menjadi penting.

Unsur bahasa dalam transkreasi


Unsur bahasa merupakan hal penting dalam proses transkreasi, karena akan melakukan penerjemahan. Apalagi transkreasi merupakan metode permainan bahasa. Tentunya bahasa yang digunakan akan sesuai dengan makna teks aslinya, jika tidak bagaimana dapat dimengerti.

Bahasa yang digunakan akan disesuaikan dengan kedua unsur yang lain, sehingga dapat lebih mudah untuk menyentuh segi kultural dan sekaligus emosi sang audiens. Dengan begitu penulisan kreatif ulang yang dilakukan akan memuat hasil sesuai target keinginan dan juga mudah dipahami.

Unsur kebudayaan dalam transkreasi


Unsur ini digunakan sebagai upaya menerjemahkan sesuai budaya yang ada. Bahasa merupakan salah satu unsur dari budaya, maka dalam proses transkreasi juga harus dipahami apa budaya yang terjadi lalu bagaimana menyesuaikan hal tersebut ke dalam budaya audiens. Inilah yang membuat adanya pelokalan bahasa dalam proses transkreasi.

Hal ini dilakukan semata-mata tidak menghilangkan makna dari teks aslinya. Tentu saja unsur ini akan disesuaikan dengan unsur-unsur lain, sehingga menjadi penulisan kreatif yang baik dan dapat menjangkau audiens dengan tepat. Kebudayaan akhirnya menjadi faktor penting menunjukan sifat dari suatu audiens.

Unsur Emosi dalam transkreasi


Unsur emosi atau psikis sangat berpengaruh pada saat melakukan transkreasi, juga bukan hal yang rahasi lagi jika bahasa marketing menggunakan trik psikologi untuk menarik audiensnya. Hal itu juga yang sebenarnya dilakukan pada saat melakukan metode ini demi menyentuh segi emosi daripada audiens.

Emosi memasang unsur yang efektif dalam melakukan penulisan kreatif ulang untuk kepentingan penyebaran informasi. Tentunya akan disesuaikan dengan unsur yang lain sehingga keefektifitasannya juga meningkat secara optimal, dan mudah dipahami oleh banyak orang.

Ketiga unsur ini jika digambarkan dalam lingkaran masing-masing maka akan saling bersinggungan. Luasan dari singgungan itulah yang dinamakan dengan transkreasi. Metode penerjemahan yang menggunakan unsur bahasa, kebudayaan, dan juga emosi. Sehingga membuat transkreasi menjadi salah satu metode efektif dalam menyebarkan informasi.

Perbedaan dengan penerjemahan biasa


Membedakan penulisan kreatif dengan penerjemahan biasa adalah dari perihal emosi, jika penerjemahan biasa tidak menggunakan unsur emosi, apa dalam teks tersebut itulah yang akan diterjemahkannya. Namun masih melihat bagaimana bahasa dan kebudayaan karena kompleksitas bahasa tidak terlepas dari kedua hal tersebut.

Penggunaan emosi pada transkreasi dimaksudkan untuk membuat audiens tertarik dengan informasi apa yang disajikan. Inilah mengapa transkreasi dengan bahasa yang di lokalisasi lebih sering digunakan untuk keperluan marketing dan juga keperluan pembelajaran yang menyenangkan.

Simak artikel lainnya disini

Mengetahui sekilas mengenai trasnkreasi atau penulisan kreatif ulang ini membuat arti penting penggunaan bahasa semakin dimengerti. Juga berbagai unsur yang saling berkaitan dalam penyampaian sebuah komunikasi yaitu ketiga unsur yang digunakan metode ini tadi.

JIka anda ingin melakukan penulisan kreatif pada suatu teks produk ataupun teks umum, Anda dapat menggunakan jasa transkreasi yang disediakan oleh Penerjemahjogja. Jasa yang pastinya akan melakukan transkreasi dengan pelokalan bahasa yang dapat dipercaya. Sehingga informasi yang ingin anda sampaikan akan berlangsung optimal.




0 comments:

Posting Komentar