Ads 468x60px

Sabtu, 29 Agustus 2020

Kesulitan-kesulitan yang Biasa Dihadapi Dalam Belajar Bahasa Arab


Kesulitan-kesulitan yang Biasa Dihadapi Dalam Belajar Bahasa Arab Belajar merupakan hal yang biasa dilakukan ketika seseorang ingin melatih kemampuan diri sendiri agar bisa menjadi apa yang diinginkan. Namun, bagi sebagian orang belajar mungkin menjadi hal yang sangat membosankan. Di sisi lain, belajar merupakan hal yang menyenangkan apabila mempelajari topik-topik yang disukai.

Di dalam belajar bahkan sesseorang pasti mengalami tantangan dan rintangan. Berbagai masalah berdatangan sebagai bentuk pendewasaan seseorang dalam belajar. Hal ini dikarenakan belajar itu ibarat berjalan di atas jalan setapak. Kita pasti menemukan kerikil, batu atau kayu yang dapat menyandung langkah kita. Itulah belajar itu menjadi proses sebelum kita sampai di tujuan yang dikehendaki.

belajar bahasa Arab
Tak terkecuali belajar bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa yang memilliki struktur bahasa yang khas. Dalam pengejaan maupun tulisan dalam Bahasa Arab memiliki karakter yang berbeda. Bahasa Arab adalah bahasa yang tergolong bahasa resmi dalam kesepakatan PBB. Sehingga, Bahasa Arab merupakan bahasa internasional yang bisa dipakai kapan dan di mana saja.

Dalam mempelajari Bahasa Arab, kita sebaiknya mempelajari dahulu huruf-huruf Arab. Setelah mengerti, kita baru belajar bahasanya. Adapun kesulitan-kesulitan yang biasa dialami oleh orang yang belajar Bahasa Arab diantaranya sebagai berikut. 

Kita mulai dari faktor internal belajar Bahasa Arab dalam diri seseorang yang belajar bahasa

Rasa Malas

Ketika belajar apapun itu, kita pasti pernah merasa malas untuk mempelajari sesuatu yang bahkan hal yang kita sukai. Namun, sebetulnya kita bisa menekan rasa malas dengan mengingat kembali buat apa kita mempelajari hal itu. Jadi, kita bisa saja termotivasi kembali untuk belajar Bahasa Arab dan hal-hal yang kita sukai itu.

Kurangnya Motivasi

Motivasi merupakan pondasi dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Tak terkecuali dalam hal belajar Bahasa Arab. Motivasi apa yang bisa membuat diri seseorang terpacu semangatnya untuk mempelajari sesuatu. Kurangnya motivasi dikarenakan kondisi psikis seseorang yang sedang tidak stabil sehingga akan mempengaruhi aktivitas-aktivitas yang dilakukan.

Pesimis dan tidak percaya diri

Setiap orang pasti pernah merasa pesimis tentang apa yang dilakukannya. Hal ini juga biasanya terjadi dalam pembelajaran di mana seseorang merasa pesimis ketika sedang belajar Bahasa Arab mengalami kesulitan lalu seseorang itu merasa tidak percaya diri dan mudah menyerah. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi psikis dan situasi yang membuatnya tidak bisa percaya diri.

Adapun faktor eksternalnya belajar bahasa Arab yaitu sebagai berikut

Jarang ditemui tempat kursus Bahasa Arab

Seperti yang kita tahu, banyak sekali tempat-tempat kursus berbagai bahasa. Apalagi Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional utama yang dipelajari. Selain itu, Bahasa Inggris juga menjadi syarat administrasi dan seleksi beberapa tes seperti masuk perguruan tinggi, beasiswa maupun lowongan pekerjaan. Hal ini menjadikan Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang paling banyak dipelajari.

Berbeda dengan Bahasa Arab yang tidak banyak orang mempelajarinya karena tidak banyak peminat untuk belajar Bahasa Arab. Sehingga, tempat-tempat kursus jarang ditemukan tempat kursus belajar Bahasa Arab. Biasanya ditemukan di pesantren atau masjid-masjid yang menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Arab.

Struktur bahasa dengan tenses paling banyak

Bahasa Arab merupakan bahasa yang unik. Di mana bahasa ini memiliki struktur kata dengan tenses paling banyak dibandingkan bahasa lain. Untuk mempelajarinyapun tidak cukup hanya dengan waktu satu tahun. Orang yang benar-benar mahir berbahasa Arab bahkan butuh waktu bertahun-tahun hingga betul-betul mahir. Hal ini menjadikan orang malas dan bosan biasanya.

Struktur kalimat dan kata yang memiliki tenses terbanyak ini menjadikan orang kesulitan untuk menghafal belajar Bahasa Arab. Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan menghafal baik yang bisa mahir berbahasa Arab.

Simak artikel lainnya disini

Jarang ditemui guru atau tentor Bahasa Arab

Selain tempat kursus Bahasa Arab yang jarang, dikarenakan jarang ditemui guru Bahasa Arab. Hal ini seperti yang dikatakan sebelumnya, jarang orang yang minat untuk mempelajari bahasa Arab.  Disebabkan karena struktur kalimat yang rumit dan gramatikal bahasa yang bervariasi membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk mempelajarinya terutama orang yang memiliki kemampuan menghafal kurang baik. Namun, dalam hal ini seseorang bisa dilatih untuk menghafal kosakata Bahasa Arab dengan berlatih setiap hari.

Demikian pembahasan mengenai kesulitan-kesulitan yang biasa dialami dalam belajar Bahasa Arab. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan penjelasan yang sesuai dengan Anda.




0 comments:

Posting Komentar