Ads 468x60px

Kamis, 13 Agustus 2020

Perlunya Kemampuan Berbahasa Arab Di Masa Sekarang


PENERJEMAHJOGJA.COM

CALL/WA: 0818200450

Perlunya kemampuan berbahasa Arab di masa sekarang. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa paling sulit untuk dipelajari, ini menjadi tantangan tersendiri untuk belajar bahasa Arab. Hal ini dikarenakan bahasa Arab memiliki huruf sendiri yang bukan alphabet, sehingga akan lebih asing untuk dipelajari.

Pada zaman globalisasi sekarang ini sangat penting untuk memiliki kemampuan berbahasa asing, termasuk juga kemampuan berbahasa Arab. Bukan kenapa, namun kita mengetahui bahwa salah satu Negara yang memiliki poros minyak bumi terbanyak adalah Negara Arab dan sekitarnya. Menjalin hubungan baik dengan bangsa Arab sangat penting demi masa depan Negara.

Tidak hanya itu bagi umat Muslim tentunya bahasa Arab memiliki arti penting tersendiri. Ini dikarenakan kitab suci Al-Quran juga berbahasa Arab, sehingga umat Muslim yang ingin memahami lebih jauh agamanya akan belajar bahasa satu ini. Banyaknya kitab lain yang masih menggunakan bahasa Arab juga salah satu alasan perlunya seorang Muslim untuk memahami bahasa Arab.

kemampuan berbahasa Arab
Tentunya melatih kemampuan berbahasa Arab bukan hanya diperuntukan kepada umat Muslim saja, namun terbuka untuk umum. Ini dikarenakan perkembangan globalisasi yang sangat pesat, sehingga interaksi-interaksi antar budaya baik sengaja maupun tidak sengaja akan terjadi. Nah, untuk memahami budaya lain, salah satu cara jitunya adalah menggunakan bahasa.

Ada lebih dari 20 negara lebih yang menggunakan bahasa Arab, dengan angka yang begitu banyak tentunya perekonomian dunia akan memperhatikan hal ini. Oleh sebab itu banyak Negara Arab saat ini menjadi pemasok perekonomian dunia dalam hal minyak bumi.

Ditambah keanggotaan yang cukup banyak tentunya persekutuan yang dibangun akan mempengaruhi kebijakan ekonomi yang diambil dan dapat berpengaruh pada dunia. Hal ini yang membuat banyak orang di luar sana beranggapan penting untuk memiliki kemampuan berbahasa Arab.

Mengenal Bahasa Arab


Sebelum lebih jauh membahas khazanah bahasa Arab, Anda perlu mengetahui bahwa bahasa Arab dibagi dalam tiga kategori yaitu bahasa Arab standar modern, bahasa Arab sehari-hari, dan bahasa Arab klasik yang biasa digunakan dalam kitab suci. Tentunya ketiga jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula membuah khazanah dalam bahasa Arab menjadi sangat luas. Belum lagi perbedaan-perbedaan bahasa yang ada pada suatu daerah.

1.      Bahasa Arab Modern Standard


Bahasa Arab Standar Modern adalah bahasa dalam bentuk resmi, yang biasanya digunakan untuk keperluan hal-hal resmi seperti media massa, surat resmi, surat kabar, dan lain sebagainya. Bahasa Arab resmi juga digunakan dalam pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang sudah menjadi salah satu bahasa resminya. Jadi bagi Anda yang ingin berada di PBB ada baiknya untuk memiliki kemampuan berbahasa Arab satu ini.

2.      Bahasa Arab Clasiccal


bahasa Arab klasik adalah bahasa arab yang berkembang pada masa negara-negara Arab zaman pertengahan. Jika Anda ingin mempelajari teks-teks pada kitab suci Al-Quran, maka bahasa Arab Klasik adalah pilihannya. Jenis ini banyak digunakan pada kitab-kitab dan tulisan-tulisan intelektual terdahulu.

3.      Bahasa Arab Colloquial


Colloquial Arabic atau bahasa Arab sehari-hari adalah bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai negara penutur bahasa Arab. Kemampuan berbahasa Arab jenis ini dapat digunakan jika Anda ingin tinggal di negara Arab, karena berbeda dengan jenis standar modern, bahasa jenis ini lebih sering digunakan, dan juga memiliki berbagai macam dialek.

Alasan pentingnya bahasa Arab


Berikut beberapa alasan penting yang lebih terperinci mengenai kenapa harus menguasai bahasa Arab. Alasan yang dibuat akan dibagi kedalam dua bagian yaitu alasan penting belajar Bahasa Arab untuk umat Muslim dan bahasa Arab untuk umum.

Bahasa Arab untuk umat Muslim


Tentu saja alasan utama umat Muslim harus memiliki kemampuan berbahasa Arab adalah karena pedoman beragama yang berasal dari Arab dan berbahasa Arab. Namun selain itu ada juga beberapa alasan penting terkhususnya untuk Anda yang beragama dan ingin mempelajari Islam.

1.      Memperdalam keilmuan agama

Dikarenakan kebanyakan sumber-sumber kitab yang dibuat oleh banyaknya ulama masih dalam bahasa Arab. Menjadikan kemampuan berbahasa Arab salah satu hal yang wajib bagi Anda yang ingin memperluas khazanah keagamaan melalui berbagai sumber besar mengenai Islam.

Selain itu dengan kemampuan berbahasa Arab dapat dengan langsung membaca dan memahami apa yang terjadi pada suatu buku, dengan begitu Anda dapat lebih mudah memahami banyak teks-teks pendapat dari para ulama yang sudah berjalan hingga saat ini.

Dengan kemampuan berbahasa Arab sudah jelas membantu untuk memahami berbagai permasalahan keumatan dengan lebih dalam dan luas. Mendapatkan berbagai sumber terpercaya yang dapat digunakan sebagai referensi mengenai banyak hal.

2.       Membantu lebih memahami Kitab Suci

Kitab suci umat muslim yang memiliki kemampuan berbahasa Arab membuat sulit untuk dipahami oleh banyak umat, ini dikarenakan tidak bisanya berbahasa Arab. Nah dengan belajar bahasa ini maka sudah pasti akan memudahkan Anda untuk memahami Al-Quran. Apalagi jika membaca teks-teks berbahasa arab seperti membaca bahasa sendiri.

Dengan begitu kemampuan berbahasa Arab kian banyak dipelajari oleh orang Muslim yang bukan berasal dari Arab, hanya untuk  dekat dengan agama. Juga memberikan suatu kemampuan memahami budaya di Negara-negara yang menggunakan bahasa Arab, karena bahasa merupakan bagian dari budaya.

Tentunya dengan kemampuan berbahasa Arab akan memudahkan Anda untuk membaca Al-Quran dengan lebih lancar, bahkan dapat mengetahui kesalahan bacaan sendiri dengan lebih mudah. Memang sangat dianjurkan untuk bisa berbahasa Arab jika ingin memahami kitab suci lebih dalam lagi.

3.       Dapat melakukan verifikasi pemberitaan

Pesatnya arus globalisasi diikuti oleh pesatnya informasi yang berjalan, dan bahkan tidak sedikit informasi yang tersebar tidak memiliki sumber yang kuat atau bahkan informasi bersifat bohong. Tentunya informasi yang seperti ini jika terkait agama akan menjadi berbahaya, dengan kemampuan berbahasa Arab, anda dapat memverifikasi informasi tersebut benar atau tidaknya.

Informasi keagamaan yang biasanya dinarasikan menggunakan bahasa Arab, sekarang Anda dapat mengecek apakah benar seperti itu artinya atau tidak. Atau informasi tersebut hanyalah opini dari sang penyampai. Kemampuan berbahasa arab analisa ini akan Anda dapatkan dengan belajar bahasa Arab.

Selain itu kemampuan berbahasa Arab juga menjadikan Anda dapat menerima informasi pemberitaan dari media Negara-negara Arab secara langsung. Sehingga membuat mudah memahami apa yang sedang terjadi, dan juga dapat membantu menyebarkan informasi yang benar terkait banyak isu.
                                                                                                          
Itulah beberapa alasan untuk mempelajari bahasa Arab terkhusus bagi umat Muslim. Sebenarnya masih banyak lagi alasan yang merekomendasikan seorang Muslim untuk mempelajarinya. Namun bagaimana dengan melihat kegunaan kemampuan berbahasa Arab di dunia internasional dan untuk umum.

Bahasa Arab untuk umum


Berikut akan dijelaskan pentingnya kemampuan berbahasa Arab dalam dunia yang lebih luas, tidak hanya dalam melihat konteks keagamaan, namun berbagai hal. Berbagai alasan yang akan disebutkan sudah tentu tidak merepresentasikan semuanya karena banyak sekali yang didapatkan dari pada belajar bahasa.

1.      Bahasa Arab banyak menjadi bahasa serapan

Alasan yang satu ini membuat mempelajari bahasa Arab tidak hanya sebatas berbahasa, namun mengetahui berbagai asal dan arti kata-kata bahasa asing yang diambil dari bahasa Arab. bahasa Indonesia sendiri banyak sekali menggunakan serapan dari bahasa Arab. Jadi selain memiliki kemampuan berbahasa Arab, Anda juga akan memahami bahasa lainnya.

Tentunya kemampuan berbahasa Arab disini tidak semata untuk komunikasi saja. Hal ini dikarenakan bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di Dunia, dan memiliki pengaruh besar terhadap peradaban di Dunia.

Contoh dari pengaruh ini adalah banyaknya ilmuwan dari bangsa Arab yang dikenal sebagai ilmuwan ternama yang menyebarkan banyak teori yang berlaku hingga sekarang. Juga kebiasaan dagang bangsa Arab yang membuat penyebaran kemampuan berbahasa arab semakin luas

2.      Meningkatkan persahabatan dengan Negara-Negara Arab

Kemampuan berbahasa Arab memang sangat dibutuhkan untuk melakukan delegasi ke berbagai Negara Arab, sama halnya delegasi dengan Negara lain juga. Menggunakan bahasa tuan rumah akan memberikan rasa hormat terhadap tuan rumah, sehingga tali persahabatan dapat dengan mudah dijalin. Anda tidak bisa memaksakan hanya menggunakan bahasa internasional seperti inggris untuk melibatkan diri ke orang-orang Arab. Menggunakan bahasa Arab akan memberikan kesan bahwa Anda peduli terhadap budaya dan hal-hal yang terjadi di Negara-negara Arab.

Selain itu kemudahan komunikasi pastinya menjadi alasan utama memiliki kemampuan berbahasa Arab dalam rangka menjalin hubungan baik dengan Negara Arab. Sebenarnya kita tidak perlu jauh-jauh membahas mengenai delegasi antar Negara, cukup mengenai suatu hubungan personal antara dua orang saja, sudah dapat dijelaskan bagaimana suatu bahasa dapat menyatukan.

3.      Bahasa Arab sudah menjadi bahasa resmi PBB

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa bahasa Arab menjadi salah satu bahasa resmi di PBB sejak tahun 1973. Hal ini dikarenakan banyaknya negara yang menggunakan bahasa Arab, seperti yang dikatakan tadi ada 20 Negara lebih menuturkan komunikasi menggunakan bahasa Arab.

Ini membuat pada saat persidangan PBB orang perwakilan negara dengan bahasa Arab dapat menggunakan bahasanya, sedangkan Indonesia yang memiliki bahasa belum resmi, harus menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara di persidangan. Tentunya jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Arab akan lebih mudah untuk memahami apa yang dikatakan oleh perwakilan negara-negara Arab di persidangan.

Inilah salah satu yang membuat mempelajari bahasa Arab memiliki urgensi tersendiri dalam kanca internasional. Dengan diresmikannya bahasa Arab menjadikannya dapat digunakan dalam persidangan, sehingga membuat negara-negara dengan bangssa Arab lebih mudah menyampaikan pendapat. Lalu sebagai negara non-Arab perlu memahami bahasa tersebut untuk mengetahui secara optimal apa yang dimaksud negara Arab.

Ketiga hal di atas merupakan sebagian kecil yang membuat bahasa Arab menjadi penting untuk dipelajari. Masih banyak alasan mengapa perlu untuk memiliki kemampuan berbahasa Arab pada masa sekarang ini selain yang sudah dijelaskan di atas, seperti bahasa Arab sudah menjadi Ilmu tersendiri di berbagai universitas, dikarenakan banyaknya sumber keilmuan yang menggunakan bahasa Arab.

Sudah dibahas bagaimana alasan-alasan penting untuk belajar bahasa yang mengagumkan satu ini, baik itu untuk umat Muslim yang memang dekat dengan bahasa Arab maupun dalam kacamata dunia Internasional, dimana negara-negara Arab memiliki pengaruh yang cukup besar.

Dari beberapa alasan di atas tentunya dapat dipahami mengapa menguasai kemampuan berbahasa Arab sangat diperlukan pada masa sekarang. Namun sayangnya bahasa Arab tidaklah mudah untuk dipelajari, oleh karena itu Anda yang memiliki acara atau semacamnya yang berhubungan dengan bahasa Arab dapat menggunakan jasa penerjemah.

Tips belajar bahasa Arab


Sudah dijelaskan begitu penting bahasa Arab, namun bahasa ini juga merupakan bahasa yang terbilang sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu akan dibahas beberapa tips mudah bagi Anda yang ingin memulai belajar bahasa Arab.

1.      Pelajari Huruf Arab


Berbeda dengan huruf huruf alphabet yang biasa digunakan banyak negara seperti Inggris dan juga Indonesia. Bahasa Arab memiliki hurufnya sendiri yang biasa dikenal dengan nama huruf Hijaiyah atau huruf Arab. Hal inilah yang membuat kemampuan berbahasa Arab dikatakan lebih sulit dari berbahasa inggris.

Seperti belajar bahasa lainnya, belajar huruf-huruf terlebih dahulu merupakan hal yang sangat penting. Huruf menjadi dasar dari kata-kata yang akan dipelajari nantinya. Oleh karena itu mempelajari huruf memang menjadi dasar untuk belajar bahasa Arab tingkat lanjut

Tidak Cuma itu mempelajari hurufnya, mempelajari bunyi dari huruf juga hal yang penting untuk memiliki kemampuan berbahasa Arab yang baik. Sama seperti Anda yang baru belajar bahasa Inggris akan diberikan pelajaran mengenai huruf dengan bunyi bahasa inggris. Bunyi inilah yang membuat bagaimana suatu kata dibunyikan atau dilafazkan.

2.      Menggunakan kosa kata sehari-hari


Pelajarilah kata-kata sehari-hari yang sering digunakan. Anda dapat melihat kamus kata sehari-hari apa saja, lalu pelajari bagaimana bunyinya. Anda dapat menggunakan kata-kata ini saat bicara kepada teman yang juga belajar bahasa Arab, sehingga akan terbiasa.

Kosa kata sehari-hari merupakan kata yang paling umum untuk melakukan komunikasi, maka dari itu penting untuk menambah banyaknya kata yang Anda ketahui. Memiliki kemampuan berbahasa Arab yang baik tentunya memiliki kamus kosa kata bahasa Arab yang banyak.

Hal ini dapat juga Anda latih dengan berbicara seadanya ke para penutur bahasa Arab. Temukanlah orang yang berbahasa Arab sebagai bahasa sehari-harinya, ajak dia untuk sekedar mengobrol dengan Anda. Ini dapat menambah kepercayaan diri Anda untuk menggunakan bahasa Arab dan terus mempelajarinya.

3.      Ikut kursus berbahasa Arab


Sudah dijelaskan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki kompleksitas tersendiri. Oleh sebab itu mengikuti kursus adalah hal yang baik untuk menguasai kemampuan berbahasa Arab. Tadi juga sudah dijelaskan adanya jenis-jenis bahasa Arab, dari situ saja tentunya Anda perlu seseorang yang kompeten untuk mengajari bahasa ini.

Mempelajari bahasa Arab tidak hanya belajar kata-katanya saja, namun juga belajar bagaimana suatu kalimat dibentuk atau struktur kalimat, dan juga mempelajari tata letak kata. Hal-hal ini salah satu yang membuat belajar bahasa Arab sulit untuk dilakukan secara sendiri. Salah-salah dalam ini Anda akan mendapati diri Anda mengartikan suatu kalimat yang salah.

Menguasai kemampuan berbahasa Arab dengan mengikuti kursus atau memiliki guru juga dapat sebagai pemberi batas pada Anda, jika yang Anda lakukan dalam bahasa Arab adalah sebuah kesalahan. Adanya ini membuat Anda dapat mempelajari bahasa Arab dengan lebih teratur dan memiliki arti yang mendalam.

Itu adalah tips-tips kecil yang akan membantu Anda mulai belajar bahasa Arab. Tips tersebut tetap akan kalah dengan niat dan ketekunan Anda untuk belajar, inti dari belajar suatu bahasa adalah digunakan. Artinya semakin tinggi itensitas menggunakan bahasa Arab, maka Anda akan semakin mahir juga.

4. Menggunakan Penerjemah 


Jika anda sudah mengerti arti penting kemampuan berbahasa Arab dan beberapa tips untuk mempelajarinya. Mungkin Anda akan kebingungan jika membuat suatu acara yang mengundang pembicara dari penutur Arab asli karena kompleksitas bahasanya.

Tidak perlu khawatir karena saat ini Anda sudah dapat menggunakan jasa penerjemah sebagai rekan berkomunikasi Anda dengan penutur berbahasa Arab tersebut. Menggunakan jasa ini akan sangat membantu Anda untuk mengoptimalkan acara yang sedang berlangsung.

Salah satu jasa penerjemah yang dapat Anda percaya adalah Penerjemahjogja. Penyedia jasa penerjemah yang dapat dipercaya dan menghadirkan jasa penerjemah yang memiliki kemampuan berbahasa Arab dengan memiliki izin resmi untuk menerjemahkan berbagai dokumen dan pembicaraan tanpa ada yang dikurangi.

Bagi Anda yang berada di Yogyakarta dapat mengunjungi kantornya di Karangmalang Blok A10AB Yogyakarta atau 50 meter dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Negeri Yogyakarta. Anda dapat juga menghubungi kontak yang ada di website Penerjemahjogja.

Jam buka agensi penyedia jasa ini adalah jam 8 pagi hingga 8 malam, Anda dapat menghubungi via telepon jika menggunakan jasa penerjemah yang memiliki kemampuan berbahasa Arab untuk kebutuhan acara Anda. sebagai respon perkembangan teknologi PenerjemahJogja juga dapat dihubungi melalui media chat.

Jasa penerjemah ini dapat Anda gunakan sebagai alternatif jika tidak bisa berbahasa Arab. Dengan menggunakan jasa penerjemah Anda dapat menjadi yakin dengan komunikasi yang akan terjadi nantinya. Apalagi Penerjemahjogja menawarkan jasa penerjemahan resmi dengan suratnya.

Apalagi Anda sudah mengetahui kompleksitas dari bahasa Arab, sehingga mempelajari setengah-setengah akan sulit memahaminya, perlu orang yang benar-benar memiliki  Kemampuan berbahasa Arab untuk menjaga komunikasi yang sedang berlangsung atau menerjemahkan suatu dokumen ataupun tulisan dengan maksimal.

5. Menentukan pilihan


Bahasa Arab memang sangat kompleks namun memiliki banyak alasan penting untuk dikuasai. Hal ini juga yang membuat banyak orang merasa perlu untuk belajar bahasa satu ini walaupun sulit. Rasanya kesulitan itu tidak sebanding dengan banyaknya hasil yang akan didapat.

Namun, bagi Anda yang belum memiliki kesempatan dan waktu untuk belajar. Anda dapat menggunakan jasa penerjemah ber - kemampuan berbahasa Arab untuk sekedar menerjemahkan acara yang menggunakan penutur bahasa atau menerjemahkan teks-teks demi keperluan pekerjaan atau akademik, seperti menerjemahkan dokumen-dokumen.

Terutama untuk menerjemahkan dokumen Anda memang memerlukan ahli bahasa yang sudah memiliki izin, supaya terjemahan dokumen anda dapat diberikan legalitas keaslian penerjemahan. Hal ini sangat penting untuk membuat percaya bahwa apa yang ada di dokumen tersebut benar apa adanya.

Simak artikel lain disini

Kedua hal ini adalah pilihan Anda sepenuhnya ingin memiliki kemampuan berbahasa Arab atau menggunakan jasa penerjemah, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai mempelajari bahasa Arab menjadi sia-sia karena kurangnya kesungguhan untuk belajar dan penerjemahan sia-sia karena salah memilih penerjemah.

Jangan khawatir jika Anda ingin menerjemahkan bahasa Arab baik untuk komunikasi ataupun dokumen, karena kini sudah hadir Penerjemahjogja. Jasa penerjemah yang akan membantu Anda untuk memahami bahasa Arab baik dari Arab ke Indonesia ataupun Indonesia ke Arab.

Kembali lagi bahwa kemampuan barbahasa Arab memiliki banyak arti penting tersendiri yang membuat Anda perlu untuk menguasainya pada masa sekarang. Kepentingan ini juga membuka jasa penerjemahan bahasa Arab untuk Anda yang belum begitu pandai dalam berbahasa Arab. Jadi jangan ragu lagi untuk belajar dan menggunakan jasa penerjemah.


0 comments:

Posting Komentar