Ads 468x60px

Rabu, 26 Agustus 2020

Pentingnya Keterampilan Menulis


Pentingnya keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang. Menulis tidak hanya sekedar menghubungkan kita dengan kertas, namun juga dapat menghubungkan kita dengan orang lain secara langsung seperti pada media sosial atau aplikasi chat.

Hal ini membuat keterampilan menulis penting untuk dimiliki sampai saat ini. Selain itu menulis juga berguna dalam mengerjakan tugas akademik seperti jurnal dan tulisan ilmiah lainnya, hal-hal administratif seperti surat menyurat, dan seni sastra seperti puisi, cerita pendek dan banyak lagi.

keterampilan menulis
Ada banyak hal memang yang membuat kita perlu memiliki kemampuan menulis yang baik, baik itu secara perkembangan teknologi seperti adanya media sosial maupun media penyampaian seperti essay, surat dan berbagai bentuk seni. Dengan penulisan yang efektif akan memberikan kesan mudah untuk dimengerti

Karena sepenting itu tulisan bersinggungan dengan kehidupan manusia, maka tulisan menjadi hal awal yang harus dipelajari. Sedangkan piawai dalam menulis dipelajari lebih lanjut, karena tulisan adalah bentuk dari komunikasi juga Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus memiliki keterampilan menulis.

Menulis merupakan sarana komunikasi


Sudah jelas diketahui bahwa menulis adalah salah satu sarana komunikasi yang paling sering digunakan seseorang selain bicara. Untuk itu memiliki kemampuan menulis yang baik akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan lebih baik lagi.

Dengan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, maka akan lebih memudahkan untuk dimengerti orang lain. Begitu penting memiliki keterampilan menulis ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara penulis dan pembaca.

Apalagi jika hal itu tulisan yang dimuat untuk media massa seperti berita ataupun kolom opini, salah-salah dapat menyesatkan publik. Tidak hanya itu surat resmi juga harus memiliki keterampilan yang baik, karena media untuk menyampaikan maksud dan keinginan ke instansi secara resmi.

Dapat mengasah kemampuan lain


Sudah dijelaskan bahwa komunikasi bersinggungan langsung dengan komunikasi karena bagian darinya. Maka penting untuk memiliki keterampilan komunikasi bagi seseorang. Namun, tidak hanya itu yang membuat menulis penting dalam komunikasi, kepiawaian dalam menulis sama saja dengan kepiawaian dalam berkomunikasi.

Hal ini berarti belajar menulis yang baik sama saja belajar komunikasi yang baik. selain itu kemampuan menulis juga melatih kita untuk memahami hal-hal yang luas. Ini dikarenakan sebelum menulis seseorang akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai apa yang akan ditulis. Apalagi jika tulisan tersebut berupa informasi seperti artikel.

Banyak sekali kan kemampuan yang akan didapat jika memiliki keterampilan menulis. Sebenarnya masih banyak lagi kemampuan yang juga ikut terlatih, seperti kemampuan untuk merangkai kata-kata indah hingga memiliki empati kepada orang lain.

Tulisan lebih serius dibaca seseorang


Percaya atau tidak tulisan akan lebih serius dipandang seseorang ketimbang ketika seseorang bicara. Lihat saja seorang mahasiswa yang sedang membaca buku, tulisan di dalam buku itu akan serius dipandang oleh mahasiswa tersebut. Berbeda dengan saat mendengar seseorang yang berceramah di kelas, ada yang tidak begitu mendengarkannya.

Hal ini dikarenakan tulisan merupakan komunikasi mendalam sebagai proses dari berpikir. Intinya seseorang pasti sangat meluangkan waktu dan pikiran untuk sekedar menulis dalam artikel, hal ini sebenarnya membuat kita menghargai sang penulis dengan membacanya. Apalagi dengan keterampilan menulis yang baik, tulisan tersebut akan lebih mudah dipahami orang lain.

Karena tulisan juga dapat disebarkan dengan luas, tidak seperti kita yang bicara pada seseorang, maka penyebaran tersebut hanya terhenti pada orang tersebut. Ini juga membuat sebuah tulisan harus memiliki validitas. Sehingga orang yang membacanya pasti menanggapi sebuah tulisan menjadi lebih serius.

 Mari baca artikel lainnya disini

Melatih menulis



Setelah mendapatkan beberapa alasan mengenai pentingnya memiliki keterampilan menulis. Ada baiknya kita untuk terus melatih kepiawaian dalam menulis. Untuk melatih menulis, yang paling penting adalah menulis itu sendiri, artinya kita harus rajin-rajin menulis.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal mengenai keterampilan menulis tadi, apakah kamu tertarik untuk pandai dalam menulis? Jika memang tertarik mulailah menulis dari saat ini, tidak perlu yang serius dan panjang, mulailah menulis mengenai apa yang terjadi hari ini dalam sebuah buku harian, niscaya itu akan membantu meningkatkan tulisan kita.


0 comments:

Posting Komentar