Ads 468x60px

Rabu, 21 April 2021

Pentingnya Profesi Penerjemah Bagi Wisatawan Asing


Pentingnya Profesi Penerjemah Bagi Wisatawan Asing – Salah satu daya tarik wisata yang ada di Indonesia adalah berbagai hal unik dan menarik ynag tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Dengan sifatnya yang eksotis, banyak turis yang berminat untuk melakukan wisata di Indonesia.
Akan tetapi tidak semua turis mampu berbahasa Indonesia, dan tidak semua orang bisa berbahasa Inggris, dengan dalih bahwa bahasa Inggris tetap menjadi bahasa yang sering digunakan. Apalagi jika turis tersebut berkunjung ke tempat atau wilayah lokal dimana banyak penduduk yang tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia.

Dengan alasan itulah, mengapa penerjemah bagi wisatawan cukup penting untuk direkomendasikan dalam setiap agen travel yang membawa pelancong dari luar Indonesia. Ini tentunya akan lebih memudahkan para turis asing untuk memahami budaya dan maksud dari setiap kegiatan dan tradisi menarik yang ada di tempat wisata.

Banyak hal penting yang menjadi ladang tempat penerjemah bahasa bergerak dalam bidang pariwisata, ini karena setiap tahun jumlah turis asing yang berkunjung di Indonesia terus naik. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa penerjemah bahasa untuk menggaet wisatawan asing.

penerjemah bagi wisatawan

Banyak Wisata Alam yang Menarik Minat Wisatawan

Saat ini Indonesia semakin mempopulerkan tempat wisata yang masih alami, eksotis, dan menyimpan banyak sejarah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Turis asing selalu terlihat antusias untuk mengikuti setiap wisata budaya dan sejarah yang dilakukan oleh travel agen.

Dengan fakta tersebut, bisa disimpulkan bahwa banyak turis asing tertarik dengan budaya, tradisi, dan berbagai hal yang ada di Indonesia, yang tidak bisa mereka temukan di negara asalnya. Adanya penerjemah bagi wisatawan akan membantu Anda untuk mendapatkan banyak wisatawan asing potensial yang akan mengunjungi Indonesia.

Meningkatkan Kepercayaan dan Komunikasi

Alasan lain mengapa Anda harus menggunakan penerjemah bahasa, adalah ia mampu meningkatkan kepercayaan wisatawan asing dengan Anda, selain mempermudah komunikasi. Dengan menguasai setidaknya bahasa Inggris, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengetahui secara pasti apa yang mereka inginkan ketika perjalanan wisata berlangsung.

Info yang Anda berikan kepada mereka juga lebih dipercayai, karena kesamaan bahasa yang digunakan. Promosi liburan dan tambahan tempat wisata akan membuat wisatawan asing tidak sungkan untuk bertanya lebih lanjut mengenai apa yang sedang mereka lihat. Inilah mengapa peran penerjemah bagi wisatawan cukup penting untuk diadakan.

Banyak Turis Asing yang Terhambat Bahasa

Seperti yang telah diketahui, masih banyak turis yang hanya bermodalkan uang dan nekat untuk berkunjung ke tempat baru, terutama di pedalaman Indonesia yang eksotis dan belum terjangkau pendidikan dengan baik. inilah mengapa nantinya mereka akan mengalami peristiwa yang kurang menyenangkan, terutama karena tidak paham konteks bahasa yang digunakan.

Hal tersebut akan menimbulkan masalah yang panjang, sehingga perlu adanya penengah yang akan membantu turis asing ini untuk melanjutkan wisata. Akan lebih baik apabila Anda penerjemah bagi wisatawan dapat menggunakan penerjemah bahasa yang tidak hanya mampu berbahasa Inggris, namun juga berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehingga memudahkan proses komunikasi dua arah antara wisatawan asing dan penduduk lokal.

Simak artikel lain disini

Mesin Penerjemah yang Buruk

Hal lain yang cukup memprihatinkan adalah penggunaan mesin penerjemah yang buruk, sehingga hasil yang didapatkan tidak cukup akuat untuk digunakan sebagai modal untuk bercakap dan berbincang antar individu secara luwes. Inilah yang kemudian menjadi peran penting.

Tentunya penerjemah bagi wisatawan akan lebih siap untuk menerjemahkan kalimat dengan lebih fleksibel dan sesuai dengan konteks. Bukan per kata dan per kalimat seperti mesin. Anda juga dapat memudahkan wisatawan yang ingin bercakap-cakap dengan masyarakat lokal tanpa membuat mereka merasa tersinggung karena salah dalam penggunaan bahasa dan konteksnya. Proses komunikasi yang terjadi pun akan berlangsung dengan dua arah dan memudahkan masing-masing individu.

Demikianlah berbagai keuntungan dan alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa penerjemah bagi wisatawan, terutama wisatawan asing yang tidak menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Proses pertukaran budaya, bahasa, dan informasi pun berlangsung dengan baik, tanpa adanya halangan kontekstual ataupun literal.

0 comments:

Posting Komentar