Ads 468x60px

Kamis, 13 Agustus 2020

Belajar Speaking Dari Film


PENERJEMAHJOGJA.COM

CALL/WA: 0818200450

Belajar speaking dari film. Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi bahasa yang masif digunakan diberbagai tempat, bukan hanya untuk komunikasi sehari-hari. Penggunaan bahasa Inggris dapat dilihat ada dimana-mana, baik itu di baliho di jalan raya, di berbagai tanda peringatan, hingga berada dalam ponsel yang sedang di genggam saat ini.

Hal yang tidak kalah penting dalam menggunakan bahasa Inggris adalah speaking. Ini berguna untuk membunyikan kata atau kalimat berbahasa Inggris menjadi jelas dan tidak memiliki arti yang berbeda, dengan kata lain supaya komunikasi menjadi mudah dipahami. Salah satu metode untuk melatih ini adalah belajar speaking untuk Film.

Banyaknya penggunaan bahasa Inggris, membuat pentingnya seseorang untuk belajar bahasa satu ini. Penggunaan yang sangat banyak juga menandakan bahasa Inggris memiliki pengaruh yang sangat dahsyat. Oleh sebab itu mampu berbahasa Inggris dapat diartikan mampu melihat apa yang sedang terjadi pada dunia.

belajar speaking
Tentu saja kemampuan bahasa Inggris tidak teks saja, namun juga kemampuan untuk berbicara, bagaimana suatu hal dibicarakan dan disampaikan dalam bahasa Inggris. Hal-hal ini sebenarnya dapat melalui belajar speaking untuk Film. Salah satu cara yang dianggap banyak orang efektif untuk dilakukan.

Bahasa Inggris sendiri memiliki 58 negara yang menuturkannya, dan banyak negara lain yang menjadikannya bahasa resmi kedua. Menjadikan total penutur bahasa ini lebih dari 400 juta orang. Dengan angka yang sangat masif perlulah untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam berbahasa Inggris.

Apa itu speaking


Speaking jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya “berbicara”. Secara sederhana speaking adalah bagaimana cara seseorang berbicara dalam bahasa Inggris, hal ini termasuk dalam bagaimana orang tersebut membunyikan suatu perkataan. Salah satu metode ampuh untuk melatih ini adalah dengan belajar speaking untuk Film.

Memiliki kemampuan speaking yang baik akan memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dalam berbahasa Inggris. bahasa yang disampaikan akan lebih mudah dipahami, sehingga tidak perlu ragu untuk bicara. Ini karena melatih speaking sama dengan melatih segala hal yang dipelajari pada bahasa Inggris.

Belajar speaking untuk Film, merupakan salah satu metode yang sering digunakan. Karena dalam film sudah disajikan bagaimana speaking yang baik berlangsung. Film akan menyajikan speaking yang tepat karena film tersebut dikonsumsi publik. Oleh karena itu akan sulit jika bahasa yang digunakan berantakan.

Pentingnya speaking


Speaking dalam pembelajaran bahasa Inggris memiliki arti penting tersendiri. karena keberhasilan speaking merupakan keberhasilan dalam menuturkan bahasa Inggris. Speaking sendiri menjadi salah satu faktor dalam menilai bahasa Inggris, alasannya sederhana, karena fungsi bahasa adalah komunikasi, dan salah satu bentuk komunikasi yang paling sering digunakan adalah speaking atau berbicara.

Melatih speaking dapat melatih kepercayaan diri juga, karena mengeluarkan suara atau bicara bahasa asing itu merupakan hal yang sulit jika tidak terbiasa. Belajar speaking untuk Film merupakan salah satu agenda yang membuat anak-anak dapat mempelajari unsur dalam bahasa Inggris satu ini.

Speaking sudah dijelaskan sebelumnya membantu supaya orang lain mudah memahami bahasa yang dibicarakan. Memiliki tutur speaking yang baik akan menghasilkan bahasa yang dapat dimengerti banyak orang karena menjadi mudah untuk dimengerti. Maka penyebaran informasi pun akan semakin luas.

Speaking atau berbicara memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, karena orang akan butuh berbicara. Alasan yang seperti inilah membuat speaking penting untuk dikembangkan. Bahasa sehari-hari dapat dijumpai di berbagai film, maka belajar speaking untuk Film, merupakan contoh yang baik.

Apalagi banyak orang yang memahami tujuan dari belajar suatu bahasa, finalnya adalah pandai berbicara bahasa tersebut. Ini menyebabkan kemampuan speaking menjadi penentu seberapa kemampuan bahasa Inggris seseorang. Padahal ada juga kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Ini seolah memberikan speaking posisi utama dalam belajar bahasa Inggris.

Dari tadi dijelaskan bahwa film merupakan sarana yang baik untuk menguasai speaking. Namun apa sebenarnya alasan belajar speaking untuk Film dapat membantu Anda untuk menguasai speaking? Pembahasan selanjutnya akan membahas alasan tersebut. 

Mengapa film


Film merupakan media yang umum yang sering ditonton banyak orang. Pada dasarnya film bermaksud untuk menghibur para penontonnya. Namun siapa sangka film memiliki peran yang penting dalam dunia bahasa Inggris. karena film dapat menghadirkan bagaimana suatu penyebutan kalimat.

Selain belajar speaking untuk Film, ada juga sarana lain, yaitu dengan mendengarkan lagu ataupun radio. Hal ini memang sama-sama menggunakan audio, namun sayangnya lagu hanya mengeluarkan audio tidak vidieo, sehingga akan lebih sulit.

Bahasa yang digunakan dalam film biasanya berupa bahasa yang digunakan sehari-hari. Inilah yang menyebabkan film bisa lebih efektif mengajarkan bahasa Inggris ketimbang lagu. Karena kata-kata yang disampaikan dalam film sangat banyak dan memiliki kalimat yang sudah terstruktur. Hal ini akan memudahkan seseorang melihat bagaimana cara speaking.

Belajar speaking untuk Film dapat dilakukan melalui dialog-dialog percakapan. Dialog tersebut sudah dijelaskan bahwa memiliki struktur yang baik, hingga dapat dipahami oleh penikmatnya. Karena inilah film dapat menjadi sumber terpercaya mengenai speaking.

Belajar speaking akan di bantu dari adegan percakapan-percakapan yang ada di Film. Bahkan dengan memberikan contoh percakapan, akan melatih daya imajinasi bagaimana percakapan itu dimuat. Hal ini akan melatih intuisi seseorang untuk menyusun secara langsung kata-kata menjadi kalimat yang baik dan dapat dimengerti orang lain.

Sudah dijelaskan mengapa film merupakan faktor penting dalam speaking. Namun bagaimana caranya seseorang dapat mengambil pelajaran pada film dan merubahnya menjadi sebuah latihan untuk speaking? Berikut akan dijelaskan bagaimana cara belajar speaking untuk Film. 

Cara melatih speaking dengan menonton Film


Sebelumnya sudah dijelaskan kenapa film dapat diambil sebagai salah satu sarana untuk belajar bahasa Inggris. Selanjutnya adalah bagaimana sebuah Film tadi dapat dikelola menjadi bentuk pembelajaran untuk menguasai faktor speaking pada bahasa Inggris.

Pertama lakukan persiapan


Sebelum memulai rangkaian dari belajar speaking untuk Film, ada baiknya melakukan persiapan. Persiapan akan membantu Anda untuk dapat fokus belajar nantinya. Jadi lebih baik untuk tidak dilewatkan.  Berikut rincian dari sesi persiapan:

1.      Menyediakan peralatan belajar

Sebelum memulai belajar pastinya harus memiliki peralatan belajar, nah untuk itu sediakanlah alat tulis, buku, dan kamus. Anda juga dapat mencatat menggunakan ponsel pintar Anda nantinya. Jika sudah mempersiapkan hal-hal ini maka pembelajaran akan semakin fokus untuk dilakukan

Alat tulis tadi berfungsi untuk menuliskan kata-kata yang tidak begitu dimengerti saat belajar speaking untuk Film, dengan begitu Anda akan dapat menambah kosa kata dalam bahasa Inggris yang dapat diingat. Juga mengeceknya kembali apa arti dari kata tersebut dari kamus dan dari film.

2.      Menyiapkan film dan peralatan penunjang lainnya

Sebelum memulai belajar siapkanlah terlebih dahulu film yang akan ditonton, perlu diperhatikan film ini harus film yang menarik bagi Anda. harus membuat Anda tertarik supaya tidak bosan untuk menontonnya, jika bisa cobalah menonton Film yang belum pernah ditonton sebelumnya.

Siapkan juga alat penunjang belajar speaking untuk Film lainnya, seperti alat perekam suara. Alat ini berguna nanti saat Anda merekam suara Anda untuk berlatih speaking. Jadi Anda akan dapat mengevaluasi suara yang terdengar apakah sudah baik atau belum nantinya.

3.      Menjadwalkan waktu belajar

Hal yang harus diperhatikan dalam belajar bahasa Inggris adalah kerutinan untuk belajar. Jadi Anda sangat perlu menjadwalkan kegiatan yang satu ini setiap minggunya, baik itu sehari, dua hari, atau lebih. Jangan sampai kegiatan ini mengganggu waktu kegiatan lain.

Penjadwalan akan sangat membantu untuk memberikan ketekunan dan kewajiban untuk terus belajar speaking untuk Film. Jadi Anda akan lebih mudah nantinya memulai kembali latihan satu ini, dan tidak sekedar melatih diri dari gejolak saja.

4.      Menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar

Suasana kondusif akan membantu Anda untuk mempelajari bahasa Inggris. Buatlah suasana tempat belajar Anda senyaman mungkin, yang dapat membuat Anda betah berada di sana berjam-jam. Ini jelas akan mengoptimalkan belajar Anda nantinya.

Belajar speaking untuk Film dengan suasana kondusif juga dapat membantu fokus untuk belajar. Selain itu juga membantu Anda untuk lebih percaya diri saat melakukan speaking. Karena tidak sedikit orang yang merasa malu ketika sedang melakukan speaking, apalagi sampai direkam.

Kedua lakukan langkah awal latihan yaitu pemanasan


Sebelum memulai latihan yang sesungguhnya ada baiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dalam tahap ini Anda sudah memulai berlatih namun dalam intensitas yang kecil. Juga sebagai persiapan untuk latihan yang lebih serius kedepannya. Sebelum memulai perhatikan bagian persiapan dahulu, baru ikuti tahapan berikut ini.

1.      Menonton menggunakan sub. Inggris

Untuk awal tontonlah film terlebih dahulu menggunakan subtitle bahasa Inggris. Ini akan membantu Anda mengetahui sebenarnya kata apa yang sedang diucapkan oleh para pemeran film tersebut. Jadi pada tahap ini belajar speaking untuk Film, tidak perlu repot untuk mendengarkan intens.

Adanya subtitle berbahasa Inggris akan membantu Anda untuk menemukan kosa kata yang tidak begitu dipahami. Dan mengetahui cara kata-kata tersebut dikatakan. Lakukan tahap ini dengan santai dan cobalah menikmati filmnya, karena faktor penting dari latihan ini adalah menyenangkan.

2.      Catat kata yang tidak dimengerti

Langkah selanjutnya dari belajar speaking untuk Film setelah menemukan kosa kata yang tidak begitu dipahami catatlah hal ini di media yang sudah disiapkan sebelumnya baik itu di buku ataupun di ponsel pintar. Pastikan semua kosa kata yang belum Anda pahami tercatat.

Pencatatan ini akan membantu menambah tabungan kosa kata Anda, berlatih speaking juga sekaligus menambah berbagai kosa kata. Jadi menonton film ini tidak hanya melatih satu aspek bahasa Inggris saja, namun juga berbagai aspek yang lain, yang akan Anda rasakan selanjutnya.

3.      Carilah Arti dari kosa kata yang sudah dicatat

Gunakanlah kamus untuk mencari arti dari kata-kata yang tidak begitu Anda pahami. Anda juga dapat mencarinya di internet, cobalah menggunakan kamus Inggris ke Inggris untuk mendapatkan penjelasan soal kosa kata tersebut, inilah yang akan menambah tabungan kata Anda dari belajar speaking untuk Film.

Lakukan hal ini dalam durasi menonton yang sudah ditentukan. Misalkan Anda menonton film selama 30 menit, berhenti dan mencari arti katanya. Bisa juga menonton sampai selesai baru mencari kata-kata yang kurang dipahami. Sesuaikan dengan kemampuan Anda, dan yang paling membuat nyaman.

4.      Mempelajari kosa kata yang tidak dipahami

Setelah mencari artinya dari kamus, pelajarilah kosa kata tersebut. Anda dapat memulai dengan mencari makna dari kosa kata itu, lalu mencari tahu dimana harus diletakan pada suatu kalimat. Hal-hal ini dapat anda temukan dari internet, jadi jangan ragu untuk mencari tahu saat belajar speaking untuk Film.

Pastikan juga Anda mempelajari bagaimana kata tersebut diucapkan. Hal ini akan membantu Anda dalam melatih speaking. Ulanglah bagaimana pengucapan kata tersebut hingga Anda menjadi paham bagaimana pengucapannya, atau data juga melihat bagaimana aktor mengucapkannya.

5.      Menguji pemahaman mengenai kata-kata tadi

Tahap belajar speaking untuk Film ini dapat Anda lakukan untuk memastikan apakah memahami dan mengingat makna dari kata-kata yang sudah dicatat tadinya. Caranya adalah menonton lagi film yang tadi lalu cobalah membaca subtitlenya dan perhatikan kembali kata-kata yang tadi dicatat.

Dari situ ingat-ingatlah apa makna dari kata tersebut, sambil memperhatikan dimana kata tersebut digunakan, dan bagaimana cara membunyikannya. Jika Anda sudah yakin dengan pemahaman sebelumnya, sebenarnya tahap ini tidak harus dilakukan karena dapat memakan waktu yang cukup lama.

Ketiga memulai latihan mendengarkan


Sebelumnya Anda sudah diminta untuk pemanasan dengan mencatat kata-kata yang kurang dipahami, dan mencoba untuk memahaminya hingga mengetahui bagaimana kata tersebut berbunyi. Untuk tahap belajar speaking untuk Film yang ini Anda akan diajak untuk mulai serius.

1.      Tonton kembali Film namun jangan menggunakan subtitle

Sesi ini memang akan lebih sulit dari sebelumnya, anda akan diminta untuk fokus pada film dan pembicaraan para aktor di film tadi. Namun karena Anda sudah menonton sebelumnya, maka ini sepertinya tidak akan begitu sulit untuk dilakukan.

Supaya tidak memberatkan Anda dapat memutar film dengan durasi seperti sebelumnya, apakah 15 menit, 20 menit, 30 menit, atau sekali tonton. Cobalah yang sesuai kemampuan Anda untuk belajar speaking untuk Film menjadi lebih optimal.

2.      Mendengarkan baik-baik

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa sesi yang satu ini meminta Anda untuk tetap fokus pada pembicaraan-pembicaraan yang sedang terjadi. Perhatikan juga bagaimana para aktor mengucapkan kata-katanya. Jika perlu Anda dapat membuka kembali catatan-catatan yang sudah dibuat tadi.

Lingkungan yang kondusif akan sangat membantu pada sesi belajar speaking untuk Film ini, cobalah untuk tetap tenang saat mendengarkan pembicaraan yang ada di film. Karena sudah menonton sebelumnya, setidaknya akan membantu anda untuk memahami apa yang sedang dibicarakan.

3.      Gunakan durasi yang sudah diatur sebelumnya

Untuk memudahkan Anda gunakanlah durasi yang sudah dijelaskan tadi. Gunakan yang sesuai kemampuan dan membuat Anda nyaman. Ini akan dapat membantu anda untuk mengambil waktu jeda istirahat untuk sekedar merenggangkan tulang.

Hal tersebut dapat membantu membuat rasa nyaman dan sekaligus mengefektifkan belajar speaking untuk Film. Juga memberikan waktu Anda untuk mengingat kembali kata-kata yang sudah dicatat sebelumnya.

4.      Menguji yang didapatkan pada tahap ini

Ujian ini dilakukan guna menilai sejauh mana yang Anda dapatkan dari film tersebut. Anda dapat melakukan pengujian dengan cara menonton film kembali dalam durasi tertentu tanpa membuka apapun. Dengarkan dan  cobalah evaluasi apakah Anda sudah dapat mengerti apa yang dibicarakan.

Tahap ini memang khusus dibuat untuk latihan listening. Tidak ada salahnya untuk dicoba, karena speaking dan listening memang saling berkaitan satu sama lain. Jadi belajar speaking untuk Film sudah terbukti tidak sekedar belajar speaking namun juga hal lainnya.

Keempat memulai latihan speaking


Pada tahapan ini Anda akan diajak melatih speaking dari percakapan film yang sudah di tonton. Tidak perlu khawatir, karena jika Anda sudah melewati tahapan sebelumnya, maka secara otomatis Anda akan mengingat bagaimana cara pengucapan pada pembicaraan yang terjadi.

1.      Memilih pemeran yang dijadikan contoh

Pilihlah pemeran yang Anda anggap menyenangkan jika menjadi dirinya. Perhatikan jika pemain tersebut memiliki porsi yang banyak pembicaraan atau pastinya harus mampu berbicara. Karena ini adalah belajar speaking untuk Film. Jika pemain tersebut tidak berbicara, apa yang akan dicontoh.

2.      Pahami pembicaraan pemeran tersebut

Anda dapat mencatat percakapan-percakapan yang dilakukan pemeran yang Anda pilih untuk memudahkan proses speaking nantinya. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana pemeran itu berekspresi dan berbicara dalam satu kalimat. Ini akan membantu anda memahami apa yang dibicarakan.

Tidak perlu khawatir lagi, karena Anda sudah berkali-kali menonton film akibat dari tahap-tahap belajar speaking untuk Film sebelumnya. Jadi Anda sudah pasti tahu alur filmnya bagaimana, sehingga lebih mudah memahami percakapannya.

3.      Bicara seperti pemeran

Pada tahapan ini Anda diharuskan menjadi pemeran yang ada di film, Anda harus berbicara dalam bahasa Inggris sesuai dengan dialog yang ada pada film. Hal ini akan sangat membantu speaking Anda, ulanglah berkali-kali sehingga Anda dapat lancar mengucapkannya.

Jangan lupa untuk merekam apa yang anda ucapkan sebagai bagian dari belajar speaking untuk Film. Jika Anda kesulitan gunakan durasi yang pendek setiap percakapan yang Anda tiru.

Evaluasi


Semua tahapan harus Anda evaluasi ulang, perhatikan ulang setiap hasil dari tahapan-tahapan di atas. Khusus untuk tahapan terakhir, Anda perlu memutar kembali film dan mendengarkan apakah percakapan yang Anda lakukan sudah sesuai atau belum.

Evaluasi dalam belajar speaking untuk Film dilakukan semata untuk memperbaiki pembelajaran kedepannya. Anda dapat mencatat perkembangan speaking dari awal memulai latihan hingga saat ini, dan membuktikan bahwa ada yang meningkat dari kemampuan Anda melakukan speaking.

Terus berlatih


Cara belajar atau berlatih speaking dengan menonton film memang merupakan cara yang menyenangkan untuk diikuti. Selain dapat belajar, Anda juga sekaligus diajak menikmati film, dan memahaminya. Cara ini juga banyak dilakukan orang-orang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Sudah dapat dipahami dari tahapan cara melakukan belajar speaking untuk Film di atas. Bahwa belajar menggunakan film, bukan hanya meningkatkan aspek speaking belaka. Namun juga aspek menambah kosa kata dan juga aspek listening atau mendengarkan, yang sama-sama membangung bagaimana speaking nantinya.

Simak artikel lain disini

Aspek penambahan kosa kata dapat dilihat dari tahapan pemanasan, dimana Anda diminta untuk mencatat kata-kata yang tidak begitu dipahami. Sedangkan aspek listening didapat dari tahap mendengarkan, dimana Anda diminta untuk mendengarkan secara serius film yang sedang berlangsung hingga mengetahui cara pengucapannya.

Semua hal itu akan membantu Anda untuk menguasai bahasa Inggris. Namun syarat yang paling penting adalah tekun dan terus mengulang, jangan merasa sudah pandai sehingga meninggalkan. Belajar speaking dari film yang menawarkan rasa menyenangkan, dapat Anda gunakan sebagai alternatif belajar bahasa Inggris, yang membuat tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar.


0 comments:

Posting Komentar