Ads 468x60px

Jumat, 16 April 2021

Intip Pentingnya Seorang Penerjemah bagi Wisatawan


Intip Pentingnya Seorang Penerjemah bagi Wisatawan
Kendala bahasa adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Bagaimana tidak? Saat Anda berada dalam situasi yang mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan orang asing, karena Anda tidak memahami bahasa yang digunakan orang asing tersebut, maka bisa jadi akan ada miskomunikasi di antara keduanya.

Terlebih lagi, hal ini sering terjadi saat Anda memutuskan untuk berlibur ke negara-negara lain. Karena Anda tidak memahami bahasa setempat,  maka Anda akan kesusahan untuk mendapatkan liburan yang sangat berkualitas. Itulah pentingnya sosok penerjemah bagi wisatawan. Penerjemah akan membantu Anda untuk mengatasi seluruh kendala tersebut.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya seperti, “bukannya seorang penerjemah hanya fokus untuk menerjemahkan teks saja?” Atau bahkan yang lebih parah adalah, “penerjemah? Apa pentingnya? Saya punya Google Translate yang bisa menerjemahkan banyak bahasa.” Beberapa hal tersebut akan kami jawab dalam artikel ini. Simak baik-baik.

 penerjemah bagi wisatawan

Penerjemah bagi wisatawan

Untuk yang perlu Anda ketahui, penerjemah tidak hanya berkutat dalam bidang kepenulisan saja. Ada cabang penerjemah lain yang juga fokus untuk menghadapi masalah-masalah seperti yang akan Anda alami apabila tidak memahami sebuah bahasa setempat. Penerjemah bagi wisatawan adalah hal yang sangat Anda butuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pekerjaan ini, dalam bahasa Inggris, biasanya disebut dengan istilah interpreter. Seorang interpreter, akan menjadi jembatan utama komunikasi antara Anda dengan warga setempat. Dengan hal ini, maka Anda tidak harus belajar terlebih dahulu bahasa tempat tujuan Anda, karena seorang penerjemah akan membantu Anda menyelesaikan kendala tersebut.

Bayangkan saat Anda dan keluarga memutuskan untuk berlibur ke Jepang. Notabene, mayoritas masyarakat Jepang tidak memahami bahasa Inggris secara penuh. Saat Anda tidak mengetahui bahasa setempat, walaupun sederhana, tapi akan menimbulkan risiko yang sangat besar. Belum lagi saat Anda memutuskan berlibur di negara-negara yang lebih ekstrim dalam hal penguasaan bahasa Inggris. Inilah salah satu faktor pentingnya penerjemah bagi wisatawan.

Banyak sekali agensi penerjemah yang tersebar di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Hal ini terjadi karena masih sedikit turis yang mampu menggunakan bahasa Indonesia, sehingga membutuhkan seorang interpreter agar dapat melancarkan segala perkara liburannya.

Interpreter yang mampu bekerja fleksibel

Fleksibel bagaimana? Biar kami jelaskan. Penerjemah bagi wisatawan tidak hanya mampu memudahkan komunikasi Anda dengan warga setempat selama berlibur di negara tertentu. Lebih dari itu. Bahkan, penerjemah juga dapat merangkap jabatan menjadi Tour Guide. Ya! Anda tidak salah baca. Sering kali dijumpai seorang penerjemah yang merangkap tour guide dalam beberapa kesempatan.

Hal ini terjadi karena para agensi penerjemahan biasanya merekrut putra daerah sebagai penerjemah. Hal ini akan menghemat biaya rekrutmen lebih besar karena orang tersebut juga berpotensi bisa dijadikan sebagai pemandu wisata di daerah-daerah yang ia kuasai. Seorang penerjemah juga dididik secara optimal agar dapat menjadi seorang pemandu yang baik dalam segala kebutuhan wisata Anda.

Oleh sebab itu, penerjemah bagi wisatawan menjadi primadona saat ini. Selain ia akan sering berinteraksi dengan orang asing dari berbagai macam negara, pekerjaan ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Kerap kali, para wisatawan memberikan uang tip yang lebih besar daripada gajinya karena terkesan dengan pelayanan yang diberikan.

Meskipun begitu, effort yang dikeluarkan oleh seorang penerjemah bagi wisatawan juga tidak mudah. Ia harus mampu memanajemen waktu secara optimal agar dapat menyelesaikan segala hal dengan teratur. Selain itu, pekerjaan ini juga akan membuat Anda akan bertemu para wisatawan dengan berbagai macam karaker dan perilakunya. Anda yang mendambakan pekerjaan ini diwajibkan untuk berhati-hati akan masalah tersebut.

Simak artikel lain disini

Pentingnya menggunakan jasa penerjemah

Mungkin Anda berpikir bahwa akan ada banyak uang ekstra yang dihamburkan apabila memilih menggunakan jasa seorang penerjemah. Toh, saat ini pun teknologi penerjemahan sudah berkembang pesat. Banyak sekali software atau aplikasi yang bisa merangkap menjadi penerjemah bagi wisatawan seperti Anda. Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

Aplikasi-aplikasi tersebut selamanya tidak akan mengganti pekerjaan manusia dalam hal komunikasi secara langsung. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, dan untuk mendapatkan liburan yang berkualitas, maka kami sangat merokemandiskan penerjemah bagi wisatawan kepada Anda.



0 comments:

Posting Komentar